Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Poco F1 Resmi Meluncur, Ponsel Snapdragon 845 Termurah

Kompas.com - 23/08/2018, 07:17 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET


KOMPAS.com - Ponsel milik sub-brand Xiaomi, Poco F1 resmi meluncur pada Rabu (22/8/2018). Ponsel ini menjadi ponsel Snapdragon termurah di dunia yang bisa dibeli saat ini.

Seperti bocoran-bocoran sebelumnya, Poco F1 hadir dengan sokongan chipset Snapdragon 845. Ponsel ini hadir dengan dua pilihan RAM yakni 6 GB dan 8 GB, menjadikannya ponsel dengan spesifikasi flagship namun harga terjangkau.

Menurut Alvin Tse, Head of Poco Global, kualitas ponsel yang diproduksi Poco setara dengan produk Xiaomi lainnya. Pasalnya manufaktur yang digunakan memang berasal dari Xiaomi.

"Poco adalah sub-brand yang dirakit Xiaomi dan kualitas adalah hal yang kami prioritaskan. Poco ini punya kualitas yang sehebat ponsel Xiaomi," ungkap Alvin dalam acara peluncuran yang dilaksanakan di New Delhi, India.

Spesifikasi Poco F1

Dikutip KompasTekno dari halaman Engadget, Kamis (23/8/2018), Pocophone F1 atau disebut juga Poco F1, memiliki bentang layar 6,18 inci dengan resolusi 2246 x 1080 piksel, alias Full HD. Layar ini hadir dengan aspek rasio 18,7:9.

Baca juga: Diuji, Xiaomi Pocophone F1 Ungguli Galaxy S9 Plus

Pada bagian atas, terdapat poni alias notch yang membungkus kamera depan serta sensor cahaya. Istimewanya, poni ini bisa disembunyikan lewat pilihan pada menu setting namun, konsekuensinya aspek rasio layar jadi sedikit mengecil.

Pocophone F1 resmi dirilis di IndiaGSM Arena Pocophone F1 resmi dirilis di India

Dari sektor kamera, ponsel ini memiliki dua lensa pada bagian punggung sebesar 12 megapiksel dan 5 megapiksel. Sensor utamanya menggunakan Sony IMX363 layaknya Mi 8 SE. Untuk kamera depan, ponsel ini mengusung lensa sebesar 20 megapiksel.

Kamera depan Poco F1 diklaim memiliki kemampuan menangkap gambar dalam kondisi low-light lebih baik. Lensa ini juga dapat digunakan untuk membuka layar dengan metode Face Recognition.

Baca juga: Ungguli Samsung, Xiaomi Jadi Nomor Satu di India

Selayaknya ponsel flagship kebanyakan, Poco F1 dibekali beberapa kombinasi RAM dan ROM dengan ukuran yang besar. Yaitu 6 GB/64 GB, 6 GB/128 GB dan yang paling tinggi adalah 8 GB/256 GB.

Poco F1 dipersenjatai oleh baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan teknologi Quick Charge 3.0 dan konektivitas USB Type C. Ada tiga pilihan warna yang bisa dipilih pengguna, yakni graphite black, steel blue dan rosso red.

Harga, Snapdragon 845 termurah

Soal harga, seperti disebut di atas, Xiaomi Poco F1 menjadi ponsel Snapdragon 845 termurah saat ini yang bisa dibeli.

Untuk versi paling rendah, Poco F1 dibanderol dengan harga 300 dollar AS atau sekitar Rp 4,3 juta. Versi menengah dijual dengan harga 345 dollar AS atau sekitar Rp 5,1 juta, dan versi tertinggi dijual 415 dollar AS (sekitar Rp 6 juta).

Pesaing Poco F1 antara lain adalah Asus Zenfone 5Z dan Honor 10. Keduanya mengusung chip Snapdragon 845, namun banderol harganya sedikit di atas Poco F1.

Baca juga: Asus Zenfone 5Z, Ponsel Snapdragon 845 Pertama di Indonesia

Asus Zenfone 5Z versi terendah dijual dengan harga Rp 6,5 juta di Indonesia, untuk versi RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB.

Sementara Honor 10 versi terendah, yakni RAM 4 GB dan penyimpanan 128 GB, dijual seharga Rp 7 jutaan di Indonesia. Xiaomi Poco F1sendiri mulai bisa dipesan pada 29 Agustus mendatang di India.

Baca juga: Honor 10 Resmi Masuk Indonesia, Harga Rp 7 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com