Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Backup" Data WhatsApp Android Sekarang atau Hilang Selamanya

Kompas.com - 23/08/2018, 09:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber whatsapp

KOMPAS.com — Pekan lalu, layanan pesan singkat WhatsApp mengumumkan kerja sama dengan raksasa mesin pencari Google. Pengguna bisa menyalin (backup) semua data di WhatsApp ke Google Drive tanpa mengurangi kuota kapasitas penyimpanan yang tersisa.

Kebijakan ini mulai berlaku pada 12 November mendatang dan khusus untuk pengguna Android. Kendati begitu, pengguna WhatsApp harus segera memperbarui backup datanya dari sekarang.

Pasalnya, semua backup yang tak diperbarui selama setahun akan hilang dari Google Drive per 12 November nanti, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (23/8/2018), dari situs resmi WhatsApp.

Google juga mulai menyebar e-mail pemberitahuan bagi pengguna Drive, meminta mereka melakukan backup data WhatsApp mulai sekarang. (Baca juga: Mulai November, Backup Pesan WhatsApp Bakal Gratis)

E-mail pemberitahuan dari Google tentang backup data WhatsApp.Google E-mail pemberitahuan dari Google tentang backup data WhatsApp.


Backup yang dilakukan saat ini masih memakan kapasitas penyimpanan Google Drive, sebab kebijakan barunya belum dicanangkan. Artinya, Anda harus memastikan memori Google Drive cukup menampung semua data WhatsApp yang dianggap penting.

Data itu meliputi teks, foto, dan video yang Anda pertukarkan dengan teman di WhatsApp.

Cara mem-backup data kita di WhatsApp cukup mudah, buka aplikasi WhatsApp di Android, pilih “Settings”, “Chats”, “Chat backup”, lantas “Back up to Google Drive”.

Tentu saja Anda harus memiliki akun Google yang teraktivasi di smartphone. Perlu dicatat pula, data WhatsApp yang Anda backup tak akan terlindungi oleh sistem enkripsi end-to-end dari layanan bernuansa hijau tersebut.

Kebijakan baru WhatsApp dan Google ini bisa dibilang bermanfaat agar Anda tak perlu kehilangan data percakapan lama jika diperlukan di masa mendatang.

Selamat mem-backup!

Baca juga: Begini Cara Video Call 4 Orang Bersamaan di WhatsApp

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber whatsapp
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com