Alasan iPhone 2018 Bakal Kalah Laris dari iPhone X

Kompas.com - 23/08/2018, 15:08 WIB
Tampilan layar ini muncul saat pengguna pertama kali menyalakan iPhone X Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comTampilan layar ini muncul saat pengguna pertama kali menyalakan iPhone X

KOMPAS.com - Apple cukup sukses membujuk para fanboy untuk membeli iPhone X seharga 999 dollar AS tahun lalu. Sejak peluncurannya tahun lalu, Apple mengklaim jika iPhone X menjadi tipe iPhone paling banyak dibeli setiap minggunya.

Namun para analis meramalkan, tren positif yang dibawa iPhone X akan berimbas buruk ke penjualan iPhone 2018.

Hal itu dikemukakan oleh Pierre Ferragu, salah satu analis dari New Street Research.

"Kami memprediksi ada penurunan materi pada tahun 2019. iPhone X telah sangat sukses dan diterima oleh konsumen. Itu (penjualan iPhone X) sangat sukses, kami rasa akan memengaruhi permintaan ke depan," papar Ferragu.

Menurutnya, banyak orang "terlanjur" membeli iPhone X, yang menjadi tipe iPhone paling mahal. Sehingga kans untuk meng-upgrade ke iPhone 2018 akan berkurang.

Bahkan jika benar Apple akan menawarkan iPhone versi murah dengan layar LCD 6,1 inci, menurut Ferragu, hal itu tidak akan berpengaruh banyak.

Ia memprediksi pendapatan Apple dari iPhone yang akan rilis akhir tahun ini akan menurun 10 persen dari ekspektasi para investor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika penjualan iPhone tidak sesuai kesepakatan para investor di Wall Streets, Ferragu mengkhawatirkan akan mempengaruhi saham Apple. Walhasil, Ferragu menyarankan bagi para investor untuk menjual saham Apple.

Pandangan Ferragu tidak tanpa alasan. Ia membaca adanya tren penjualan iPhone yang menurun sejak tahun 2016 dan terjadi lagi tahun ini. Ferragu memperkirakan tren itu akan berlanjut hingga tahun 2020.

Baca juga: Daftar Smartphone Terlaris di Dunia, Siapa Juaranya?

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (23/8/2018), ia mengatakan jika Apple akan menjual 65 juta unit iPhone X dan 30 juta lebih unit iPhone 8 Plus tahun ini. Ia membandingkan dengan penjualan iPhone 6 Plus sebesar 69 juta unit pada tahun 2015.

Kendati demikian, Ferragu mengatakan jika iPhone masih dalam periode "super-cycle", namun permintaan terhadap perangkat tersebut akan menurun.

Baca juga: Harga iPhone dan Ponsel Android Kian Mahal? Ini Sebabnya

Salah satu alasan penurunan permintaan, menurut Ferragu, dikarenakan para pemilik iPhone X akan menggunakan perangkat premium itu dalam periode yang lebih lama sebelum menggantinya ke perangkat baru.

Trio iPhone 2018 rumornya akan dirilis bulan depan. Ketiganya belum memiliki nama resmi, namun beberapa bocoran menyebut ketiganya akan bernama iPhone Xs Plus untuk model OLED 6,5 inci, iPhone X 2018 untuk model OLED 5,8 inci, dan terakhir iPhone 9 untuk model LCD 6,1 inci.

Kabar terakhir menyebut jika Apple akan mengumumkannya pada tanggal 12 September mendatang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.