Australia Larang Dua Vendor China Gelar Jaringan 5G

Kompas.com - 24/08/2018, 09:59 WIB
Ilustrasi The Epoch TimesIlustrasi

KOMPAS.com - Pemerintah Australia melarang dua vendor asal China, Huawei dan ZTE untuk memboyong jaringan 5G ke negara tersebut.

Padahal, Huawei sebelumnya telah sesumbar akan mengkomersilkan ponsel 5G pertamanya pada bulan Maret tahun depan.

Pelarangan ini terkait ancaman keamanan nasional yang dkhawatirkan pemerintah negeri kangguru itu.

Beberapa waktu lalu, pemerintah Australia mempermasalahkan pedoman keamanan jaringan 5G, meski tidak menyebut secara spesifik vendor Huawei dan ZTE atau vendor asal China lain.

Namun pemerintah Australia menunjuk ke "semua vendor yang cenderung menjadi subjek ekstra yudisial dari pemerintah asing yang bertentangan dengan hukum Australia", yang disebut berisiko membawa ancaman keamanan nasional.

Keterangan bertentangan dengan hukum Australia tersebut kemungkinan merujuk pada aturan yang berlaku di China. Aturan tersebut memberikan jalan bagi intelijen China untuk mengawasi dan menginvestigasi individu dan institusi dalam maupun luar negeri.

Hal ini memungkinkan badan intelijen China untuk menyita properti dan memobilisasi individu atau organisasi untuk melakukan spionase. Ketentuan ini berlaku untuk semua perusahaan, termasuk Huawei, ZTE, dan vendor China lainnya.

Baca juga: Smartphone 5G Huawei Dijadwalkan Hadir Tahun Depan

Dalam pedoman kemanan baru, pemerintah Australia menyatakan jika perbedaan pengoperasian jaringan 5G dibanding generasi sebelumnya, membawa negara mereka ke risiko ancaman nasional baru.

"Arsitektur baru ini memberikan cara baru untuk menghindari kontrol keamanan tradisional dengan mengeksploitasi perlengkapan jaringan yang dapat mengganggu kerahasiaan data pelanggan," jelas Kementrian Komunikasi dan Seni Australia, seperti dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (24/8/2018).

Lebih lanjut, pemerintah mengingatkan kembali jika warga dan pemerintah Australia kerap menjadi sasaran kejahatan siber.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X