Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo F9 Tidak Punya Sensor Jarak dan Cahaya?

Kompas.com - 24/08/2018, 10:25 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo baru saja secara resmi memboyong smartphone seri F9 ke Indonesia. Ponsel ini punya notch alias poni yang unik. Poni tersebut berbentuk seperti tetesan air dengan ukuran kecil yang membungkus kamera depan.

Jika dilihat lebih dekat, poni tersebut hanya membungkus komponen kamera depan yang berukuran 25 megapiksel.

Lantas di mana Oppo meletakkan sensor lain, seperti sensor proximity dan cahaya?

Sensor proximity atau sensor jarak berfungsi mengukur jarak ponsel dengan tubuh pengguna, salah satunya telinga. Sensor ini berguna untuk mematikan layar ketika ponsel dipakai menelepon.

Sedangkan sensor cahaya bekerja mendeteksi kadar cahaya di sekitar pengguna. Ketika lingkungan sekitar ponsel kurang cahaya maka layar ponsel secara otomatis akan meredup, begitu juga sebaliknya.

Apakah Oppo menghilangkan kedua sensor ini di F9 demi bentuk poni yang minimalis?

Menurut Suwanto, Marketing Plan Oppo Indonesia, seluruh sensor yang ada pada bagian depan tidak dikurangi maupun dihilangkan. Kedua sensor yakni proximity dan ambient light sensor masih berada pada letak yang semestinya.

Namun agar terlihat minimalis, Oppo mengakalinya dengan mengumpulkan kedua sensor tersebut di satu tempat yang sangat berdekatan yakni tepat di bagian atas kamera depan.

Biasanya pada kebanyakan ponsel touchscreen, sensor dan lensa kamera memang memiliki jarak pemisah yang jaraknya bisa mencapai 1 cm sampai 1,5 cm.  

"Sensor lain seperti proximity ada di bagian atas kamera. Sangat dekat. Kami kumpulkan sensornya di situ," ungkap Suwanto dalam acara peluncuran Oppo F9 di Ciputra Artpreneur, Kamis (23/8/2018).

"Jika dibongkar, baru bisa keliatan kalau di atas lensa depan terdapat sensor. Memang dibuat sangat minimalis agar poni ini bisa membungkus semuanya," lanjutnya.

Memang, bentuk notch seperti ini baru dimiliki oleh Oppo. Kebanyakan ponsel merek lain menggunakan notch yang bentuknya memanjang selayaknya milik iPhone X.

Baca juga: Tren Layar Smartphone, dari Poni, Kamera Tersembunyi, hingga Lubang

Menurut Alinna Wen, Marketing Director Oppo Indonesia, notch atau poni unik ini memang menjadi salah satu terobosan yang dibawa Oppo di tahun 2018 ini. Waterdrop notch diharapkan akan menjadi nilai jual yang unik agar bisa diterima oleh para pengguna.

"Tahun ini Oppo punya terobosan berbeda dan ingin mengeksplorasi produk inovatif. Kami membawa serangkaian inovasi seperti waterdrop notch, kamera, dan pengisian daya cepat VOOC," ungkap Alinna dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Oppo F9: Layar Lega, Punggung Bercahaya

Bentuk poni ini juga menurut Oppo telah dipatenkan sejak lama. Namun kendala dari sisi produsen layar yang menyebabkan bentuk notch ini baru bisa direalisasikan tahun ini.

"Patennya sudah lama. Baru bisa direalisasikan sekarang karena produsen layar baru mampu membuat dengan bentuk seperti itu sekarang. Meski kami punya paten, kami tetap bukan produsen (layar). Karena produsennya baru bisa membuat akhir-akhir ini ya kami juga baru bisa merealisasikannya sekarang," ungkap PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto kepada KompasTekno.

Baca juga: Ini Spesifikasi dan Harga Oppo F9 di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com