Oppo F9 Tidak Punya Sensor Jarak dan Cahaya?

Kompas.com - 24/08/2018, 10:25 WIB
Oppo F9 KOMPAS.com/Gito Yudha PratomoOppo F9
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo baru saja secara resmi memboyong smartphone seri F9 ke Indonesia. Ponsel ini punya notch alias poni yang unik. Poni tersebut berbentuk seperti tetesan air dengan ukuran kecil yang membungkus kamera depan.

Jika dilihat lebih dekat, poni tersebut hanya membungkus komponen kamera depan yang berukuran 25 megapiksel.

Lantas di mana Oppo meletakkan sensor lain, seperti sensor proximity dan cahaya?

Sensor proximity atau sensor jarak berfungsi mengukur jarak ponsel dengan tubuh pengguna, salah satunya telinga. Sensor ini berguna untuk mematikan layar ketika ponsel dipakai menelepon.

Sedangkan sensor cahaya bekerja mendeteksi kadar cahaya di sekitar pengguna. Ketika lingkungan sekitar ponsel kurang cahaya maka layar ponsel secara otomatis akan meredup, begitu juga sebaliknya.

Apakah Oppo menghilangkan kedua sensor ini di F9 demi bentuk poni yang minimalis?

Menurut Suwanto, Marketing Plan Oppo Indonesia, seluruh sensor yang ada pada bagian depan tidak dikurangi maupun dihilangkan. Kedua sensor yakni proximity dan ambient light sensor masih berada pada letak yang semestinya.

Namun agar terlihat minimalis, Oppo mengakalinya dengan mengumpulkan kedua sensor tersebut di satu tempat yang sangat berdekatan yakni tepat di bagian atas kamera depan.

Biasanya pada kebanyakan ponsel touchscreen, sensor dan lensa kamera memang memiliki jarak pemisah yang jaraknya bisa mencapai 1 cm sampai 1,5 cm.  

"Sensor lain seperti proximity ada di bagian atas kamera. Sangat dekat. Kami kumpulkan sensornya di situ," ungkap Suwanto dalam acara peluncuran Oppo F9 di Ciputra Artpreneur, Kamis (23/8/2018).

"Jika dibongkar, baru bisa keliatan kalau di atas lensa depan terdapat sensor. Memang dibuat sangat minimalis agar poni ini bisa membungkus semuanya," lanjutnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X