Windows 95 Dijadikan Aplikasi, Bisa Dijalankan di macOS dan Windows

Kompas.com - 24/08/2018, 18:48 WIB
Tangkapan layar aplikasi Windows 95BGR Tangkapan layar aplikasi Windows 95

KOMPAS.com - Sistem operasi Windows 95 dirilis tepat 23 tahun lalu oleh Microsoft. Mengingat usianya yang uzur sebagai piranti lunak, tentu OS ini sudah tidak kompatibel dengan perangkat dan platform kekinian.

Namun seseorang, punya ide brilian untuk mengembalikan kenangan mengoperasikan perangkat modern dengan Windows 95.

Adalah Felix Rieseberg, pengembang aplikasi chatting tim kerja, Slack yang mengubah Windows 95 menjadi sebuah aplikasi yang bisa berjalan di platform macOS, Windows, dan Linux.

Dia pun mempublikasikan kode aplikasi Windows 95 di Github yang bisa diakses di tautan berikut  ini secara gratis.

Aplikasi yang familiar di Windows 95 seperti Wordpad, panggilan telepon, MS Paint, dan Minesweeper, dan tombol "start" ikonik tercakup dalam aplikasi Windows 95, Namun lain halnya dengan Internet Explorer.

Baca juga: Dioprek, Windows 95 Bisa Jalan di Apple Watch

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (24/8/2018), pengguna bisa saja membuka Internet Explorer tapi laman tidak akan termuat meski terkoneksi internet. Tampilan antarmukanya pun khas Windows jadul yang kaku.

Ukuran aplikasi ini sebesar 129 MB dan hanya akan memakan ruang sebesar 200 MB dari RAM ketika dijalankan meski membuka banyak fitur. Jika mengalami kendala saat menjalankan Windows 95, cukup reset aplikasi dan mulai dari awal lagi tanpa harus me-reset perangkat.

Jauh sebelumya, Windows 95 juga pernah diemulasikan untuk dimasukan ke arloji pintar Apple Watch dan Samsung Gear Live, meski tidak berjalan sempurna.



Close Ads X