Kesan Pertama Menjajal Oppo F9: Layar Lega, Punggung Bercahaya

Kompas.com - 27/08/2018, 13:11 WIB
Gradasi warna bagian belakang Oppo F9yudha pratomo/KOMPAS.com Gradasi warna bagian belakang Oppo F9

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo resmi memboyong seri F9 ke Indonesia. Ponsel terbaru Oppo ini didaulat sebagai penerus seri F7 yang sebenarnya baru dirilis kurang dari lima bulan lalu.

Ada beberapa alasan mengapa usia seri F7 harus jauh lebih pendek dari ponsel Oppo kebanyakan. Salah satunya Oppo mengklaim bahwa ada beberapa fitur istimewa yang diinginkan oleh pengguna yang kemudian disematkan pada Oppo F9.

KompasTekno pun menjadi salah satu yang berkesempatan untuk sedikit mencicipi ponsel ini. Dan berikut ini adalah sedikit ulasan saat pertama kali menggenggam perangkat Oppo F9.

Pertama-tama mari bicara soal desain. Dari tampilan bentuk, Oppo F9 sejatinya tidak berbeda jauh dengan pendahulunya yakni F7.

Hanya saja Oppo F9 memiliki aspek rasio yang sedikit lebih luas ketimbang F7. Aspek rasio yang dimiliki Oppo F9 adalah 19,5:8 sedangkan milik F7 adalah 19:8.

Kesan pertama yang akan membuat Anda sadar bahwa F9 terlihat berbeda adalah bentuk notch alias poni yang disematkan pada bagian atas layar. F9 memiliki poni berbentuk waterdrop alias tetesan air yang begitu unik dan kecil.

Oppo F9 memiliki notch mungil berbentuk waterdrop atau tetesan air. yudha pratomo/KOMPAS.com Oppo F9 memiliki notch mungil berbentuk waterdrop atau tetesan air.

Poni ini membungkus kamera depan milik ponsel dan pada bagian atasnya jika dilihat lebih dekat, terdapat sensor proximity dan sensor cahaya.

Desain poni ini terlihat lebih unik pasalnya poni ini tidak menghabiskan banyak tempat pada layar seperti yang dimiliki seri F7. (Baca juga: Ada Fitur Penting di Sisi Kiri dan Kanan Notch Oppo F7)

Bentang layar Oppo F9 sendiri luasnya 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ kerapatan 2.340 x 1.080 piksel. Meski bentang layarnya luas, tetapi ukuran ponsel Oppo F9 masih sangat nyaman untuk digenggam.

Ini karena desain Oppo F9 yang memiliki bezel tipis sehingga meski layarnya luas, tidak memengaruhi ukuran ponsel. Saat digunakan, layarnya sendiri sangat enak untuk diusap. Permukaan layar tidak terasa kasar dan terlihat kokoh dengan lapisan Gorilla Glass 6.

Sayangnya, material bahan yang licin membuat ponsel ini cukup riskan terjatuh saat digenggam. Selebihnya, masih sangat nyaman.

Pada sekeliling ponsel terdapat tombol dan port standar, seperti volume naik-turun dan tombol power. Pada bagian bawah terdapat port micro-USB tepat berada di antara speaker dan jack audio 3,5mm.

Spesifikasi lengkap Oppo F9yudha pratomo/KOMPAS.com Spesifikasi lengkap Oppo F9

Yang paling berkesan dari sisi desain ponsel ini adalah pilihan warna yang disediakan. Setidaknya ada tiga pilihan warna yakni Sunrise Red, Twilight Blue dan Starry Purple. Uniknya ketiga pilihan ini didesain dengan warna gradasi yang sangat cantik.

Jika bagian belakang ponsel ini terkena cahaya, Anda dapat menemukan pola menyerupai berlian yang tampak jelas di sudut-sudut tertentu.

Warna tersebut semakin cantik dipadu dengan body berbahan dasar polycarbonate yang dilapisi tempered glass.

Pada poin ini, kami sangat mengapresiasi Oppo yang mampu membawa perubahan besar pada sisi desain dari pendahulunya. Berbeda jauh dengan seri F7 yang berbalut warna solid yang menjenuhkan.

Beralih pada bagian dalam, ada sedikit kekecewaan yang kami dapati saat mengetahui prosesor yang digunakan adalah MediaTek Helio P60. Prosesor ini sama seperti yang digunakan pada Oppo F7.

Baca juga: Ini Spesifikasi dan Harga Oppo F9 di Indonesia

Kendati demikian, bukan berarti performa ponsel ini boleh dianggap remeh. Dengan konfigurasi RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB terbukti Oppo F9 mampu melakukan multitasking sejumlah aplikasi dengan cepat dan lancar.

Baterai Oppo F9

Kemudian pada sektor daya, Oppo F9 ditenagai baterai berkapasitas 3.500 mAh. Kapasitas ini dikategorikan tidak besar tapi juga tidak terlalu kecil.

Meski ukuran baterainya tidak begitu besar, Oppo menambahkan fitur pengisian daya cepat VOOC pada seri F9. Tentu saja dengan begitu meski baterai cepat habis dalam beraktivitas sehari-hari, pengguna tak perlu waktu lama untuk mengisi ulang daya sampai penuh.

Fitur pengisian daya cepat VOOC tersemat pada Oppo F9yudha pratomo/KOMPAS.com Fitur pengisian daya cepat VOOC tersemat pada Oppo F9

Dalam percobaan di atas panggung saat peluncuran, Oppo F9 mampu mengisi 35 persen daya baterai dalam waktu sekitar 15 sampai 20 menit.

Bahkan Oppo mengklam hanya dalam waktu pengecasan selama 5 menit, ponsel ini bisa digunakan untuk menelepon selama berjam-jam.

Teknologi pengisian daya cepat VOOC ini sendiri serupa dengan yang dimiliki Oppo Find X. Fitur ini menjadi salah satu alasan mengapa Oppo merilis seri F9 dalam waktu yang berdekatan dengan seri F7.

Kamera Oppo F9

Beralih ke sektor kamera. Pada bagian punggung Oppo F9 tersemat dua kamera sebesar 16 megapiksel dan 2 megapiksel. Masing-masing memiliki angka bukaan yang berbeda yakni f/1.85 dan f/2.4. Lensa 2 megapiksel digunakan untuk membuat efek buram (bokeh) pada bagian belakang objek.

Kamera ini juga didukung teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI). Kamera tersebut bisa mendeteksi setidaknya 16 skenario foto yang berbeda yang kemudian dapat menyesuaikan pengaturan kamera berdasarkan skenario tersebut.

Performa kamera belakang oppo F9yudha pratomo/KOMPAS.com Performa kamera belakang oppo F9

Misalnya objek kamera tersebut adalah pemandangan. Maka Oppo F9 akan mengatur konfigurasi kameranya untuk mengambil gambar pemandangan. Sayangnya, kami tidak dapat mencoba kamera ini di luar ruangan karena keterbatasan waktu.

Kemudian kamera depan Oppo F9 pun memiliki resolusi yang cukup besar yakni 25 megapiksel. Sama seperti kamera belakang, lensa ini juga dilengkapi dengan sensor Sony IMX578 dan didukung kecerdasan buatan. Terdapat juga fitur Beauty Technology 2.1 dan fitur AR Sticker.

Selayaknya ponsel Oppo pada umumnya, kualitas kamera depan yang dihasilkan sangat mulus dengan efek beautify.

Perlu diketahui, Oppo sendiri telah membuka pre order untuk ponsel ini sejak 26 sampai 31 Agustus mendatang. Jadi, dapat dipastikan ponsel ini bakal secara resmi dijual di pasar setelah tanggal 31 Agustus.

Anda bisa melihat beberapa foto dari Oppo F9 lewat tautan berikut ini.



Close Ads X