Kesan Pertama Menjajal Oppo F9: Layar Lega, Punggung Bercahaya

Kompas.com - 27/08/2018, 13:11 WIB
Gradasi warna bagian belakang Oppo F9 yudha pratomo/KOMPAS.comGradasi warna bagian belakang Oppo F9
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo resmi memboyong seri F9 ke Indonesia. Ponsel terbaru Oppo ini didaulat sebagai penerus seri F7 yang sebenarnya baru dirilis kurang dari lima bulan lalu.

Ada beberapa alasan mengapa usia seri F7 harus jauh lebih pendek dari ponsel Oppo kebanyakan. Salah satunya Oppo mengklaim bahwa ada beberapa fitur istimewa yang diinginkan oleh pengguna yang kemudian disematkan pada Oppo F9.

KompasTekno pun menjadi salah satu yang berkesempatan untuk sedikit mencicipi ponsel ini. Dan berikut ini adalah sedikit ulasan saat pertama kali menggenggam perangkat Oppo F9.

Pertama-tama mari bicara soal desain. Dari tampilan bentuk, Oppo F9 sejatinya tidak berbeda jauh dengan pendahulunya yakni F7.

Hanya saja Oppo F9 memiliki aspek rasio yang sedikit lebih luas ketimbang F7. Aspek rasio yang dimiliki Oppo F9 adalah 19,5:8 sedangkan milik F7 adalah 19:8.

Kesan pertama yang akan membuat Anda sadar bahwa F9 terlihat berbeda adalah bentuk notch alias poni yang disematkan pada bagian atas layar. F9 memiliki poni berbentuk waterdrop alias tetesan air yang begitu unik dan kecil.

Oppo F9 memiliki notch mungil berbentuk waterdrop atau tetesan air. yudha pratomo/KOMPAS.com Oppo F9 memiliki notch mungil berbentuk waterdrop atau tetesan air.

Poni ini membungkus kamera depan milik ponsel dan pada bagian atasnya jika dilihat lebih dekat, terdapat sensor proximity dan sensor cahaya.

Desain poni ini terlihat lebih unik pasalnya poni ini tidak menghabiskan banyak tempat pada layar seperti yang dimiliki seri F7. (Baca juga: Ada Fitur Penting di Sisi Kiri dan Kanan Notch Oppo F7)

Bentang layar Oppo F9 sendiri luasnya 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ kerapatan 2.340 x 1.080 piksel. Meski bentang layarnya luas, tetapi ukuran ponsel Oppo F9 masih sangat nyaman untuk digenggam.

Ini karena desain Oppo F9 yang memiliki bezel tipis sehingga meski layarnya luas, tidak memengaruhi ukuran ponsel. Saat digunakan, layarnya sendiri sangat enak untuk diusap. Permukaan layar tidak terasa kasar dan terlihat kokoh dengan lapisan Gorilla Glass 6.

Sayangnya, material bahan yang licin membuat ponsel ini cukup riskan terjatuh saat digenggam. Selebihnya, masih sangat nyaman.

Pada sekeliling ponsel terdapat tombol dan port standar, seperti volume naik-turun dan tombol power. Pada bagian bawah terdapat port micro-USB tepat berada di antara speaker dan jack audio 3,5mm.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X