Pocophone F1 Disebut Bisa Memicu Perang Harga Smartphone

Kompas.com - 28/08/2018, 16:19 WIB
Peluncuran Xiaomi Pocophone F1 di Pullman Central Park, Jakarta, Senin (27/8/2018).
Fatimah Kartini/KOMPAS.comPeluncuran Xiaomi Pocophone F1 di Pullman Central Park, Jakarta, Senin (27/8/2018).

KOMPAS.com - Xiaomi meluncurkan ponsel pintar Pocophone F1 yang memiliki spesifikasi canggih tetapi dijual dengan harga rendah.

Pocophone F1 menggunkan chip Snapdragon tercanggih, kapasitas baterai 4.000 mAh, dan RAM hingga enam gigabyte.

Spesifikasi ini menandingi Samsung Galaxy Note 9, tapi harganya akan jauh lebih murah dibanding model "terjangkau" dari merek pesaing.

Para pengamat mengatakan produk ini dapat memaksa produsen smartphone lain untuk menyesuaikan harga produk andalan mereka.

"Produk ini dilengkapi prosesor Qualcomm terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini, sementara pada dasarnya harganya sekitar setengah dari harga sejumlah pesaingnya," kata Mike Lowe, redaktur ulasan di editor situs gadget Pocket-lint, yang telah menguji perangkat tersebut, seperti dilansir KompasTekno dari BBC, Selasa (19/8/2018).

Menurut Lowe, Pocophone F1 sangat kuat dengan baterai besar dan konsumen yang jadi sasaran mereka tak akan terlalu peduli bahwa ukurannya agak besar.

"Xiaomi ini berusaha menjaga dominasi mereka di pasar India dan berupaya menarik minat wilayah lain juga," ujar dia.

Pocophone F1 sendiri dipastikan akan dipasarkan ke Indonesia mulai 30 Agustus. Xiaomi mengatakan mereka berencana untuk memasarkan ponsel itu ke sekitar 50 negara lain.

Harga Pocophone F1 di Indonesia dijual mulai Rp 4,5 juta untuk varian berkapasitas RAM 6 GB dan memori 64 GB. Ada juga Pocophone F1 versi menengah yang dibanderol Rp 5 juta untuk kapasitas RAM 6 GB dan memori 128 GB.

Varian paling premium adalah Pocophone F1 “Armoured Edition” yang kokoh dengan balutan kevlar aramid fibre. Harganya dipatok Rp 5,2 juta untuk kapasitas RAM dan memori 6 GB/128 GB.

Pesaing terdekat produk ini yang sama-sama menggunakan prosesor Snapdragon 845 adalah Asus ZenFone 5Z yang dibanderol Rp 6,7 juta. (Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Ini Harga Asus ZenFone 5Z di Indonesia)

Kompromi pada desain

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X