Aplikasi Keyboard Gboard Kini Bisa Bikin Stiker dari Selfie

Kompas.com - 28/08/2018, 19:29 WIB
Ilustrasi rangkaian Mini sticker pack di Gboard, berisi avatar mirip Bitmoji yang diambil dari selfie pengguna. GoogleIlustrasi rangkaian Mini sticker pack di Gboard, berisi avatar mirip Bitmoji yang diambil dari selfie pengguna.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Tahun lalu, Google merilis paket stiker untuk aplikasi chat Allo yang memungkinkan para pengguna membikin avatar personal dengan tampilan mirip diri mereka sendiri, berdasarkan hasil jepretan selfie di kamera ponsel.

Kemampuan membuat avatar serupa Bitmoji tersebut kini diperluas ke aplikasi papan ketik Gboard yang juga bikinan Google.

Seperti Bitmoji, sticker pack personal bernama “Mini” di Gboard ini mengambil tampilan wajah pengguna sebagai referensi avatar.

Lalu, dibuatlah rangkaian stiker yang memperlihatkan avatar pengguna sedang melakukan berbagai aktivitas, mulai dari sedang makan, menyanyi, di tengah pesta, dan lain-lain.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Selasa (28/8/2018), opsi baru untuk membuat avatar personal bisa ditemukan di bagian stickers di dalam aplikasi Gboard.

Menu baru untuk membuat avatar personal (Mini sticker pack) di aplikasi GboardGoogle Menu baru untuk membuat avatar personal (Mini sticker pack) di aplikasi Gboard
Setelah menjepret selfie, pengguna dapat langsung mengirimkan avatar yang dihasilkan ke teman-teman lewat aplikasi chatting via Gboard.

Tampilan avatar bisa juga disesuaikan terlebih dahulu agar cocok dengan selera.

Di balik kreasi avatar Mini ala Gboard, Google menerapkan teknologi machine learning dan neural network supaya bisa membikan avatar semirip mungkin dengan tampilan wajah pengguna.

Dengan dua teknologi tersebut, detil-detil seperti warna kulit dan mata, model potongan rambut, bentuk wajah, hingga kumis dan janggut bisa dideteksi dan ikut ditambahkan di avatar.

Google menggulirkan fitur avatar secara bertahap ke aplikasi Gboard di platform Android dan iOS. Masih belum jelas kapan semua pengguna akan kebagian.

Ketika coba dibuka oleh KompasTekno, Selasa pagi ini, aplikasi Gboard Android masih belum menampilkan update baru ataupun opsi untuk membuat Mini sticker pack.

Baca juga: Ini Perbedaan AR Emoji Galaxy S9 dan Animoji iPhone X

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X