CEO Tokopedia Akui 49 Barang Dicurangi Pegawai saat Flash Sale

Kompas.com - 28/08/2018, 19:48 WIB
Render 3D desain interior Tokopedia TowerTokopedia; Design Intervention Render 3D desain interior Tokopedia Tower

KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce Tokopedia dikabarkan memecat sejumlah karyawan yang melakukan tindak kecurangan dalam kampanye flash sale peringatan hari ulang tahunnya yang ke-9. CEO Tokopedia William Tanuwijaya membenarkan adanya pemecatan ini.

Melalui akun Instagramnya, William mengatakan setidaknya ada 49 produk dalam kampanye flash sale yang diperoleh tidak mengikuti prosedur umum oleh oknum pegawai Tokopedia. Kampanye ini dilakukan pada tanggal 15 - 17 Agustus lalu.

"Rasanya sangat terpukul dan kecewa ketika mendapati ada beberapa anggota team yang melakukan pelanggaran sebanyak total 49 buah produk dari kampanye promosi Tokopedia," tulis William di akun Instagramnya.

Menurut William, jumlah produk yang dicurangi memang kecil sekali dibanding puluhan juta produk yang terjual setiap bulannya, namun bagi Tokopedia bukan persoalan seberapa kecil pelanggarannya

Berdasarkan pantauan KompasTekno, ada sejumlah kategori barang yang dijual saat flash sale peringatan ulang tahun ke-9 Tokopedia berlangsung. Mulai dari kosmetik wanita, alat rumah tangga, makanan ringan, hingga smartphone.

Ke semua produk tersebut dijual dengan harga yang sangat jauh dari harga biasa yakni mulai dari Rp 99.999 sampai dengan Rp 999.999.

Menurut William, untuk pelanggaran sekecil apapun, hal tersebut adalah kegagalan integritas dalam menjaga titipan kepercayaan yang diberikan kepada Tokopedia.

"Maka tanggal 24 Agustus kemarin, Tokopedia telah dengan tegas memberhentikan seluruh anggota tim yang terbukti terlibat dalam pelanggaran ini," lanjut William.

Baca juga: Tokopedia Pecat Oknum Karyawan yang Diduga Curang dalam Flash Sale

Sebelumnya, berdasarkan laporan Tech in Asia, Senin (27/8/2018), Tokopedia diberitakan telah memecat sejumlah karyawan.

Tindak kecurangan ini sangat merugikan konsumen karena para pembeli tidak dapat membeli barang murah yang dijual pada kampanye flash sale secara adil.

KompasTekno pun mencoba mengonfirmasi kabar ini pada pihak Tokopedia. Lewat pernyataan resminya, Head of Corporate Communications Tokopedia Priscilla Anais hanya mengatakan mengatakan bahwa nilai yang dianut Tokopedia sendiri adalah membangun kepercayaan.

"Setiap titipan kepercayaan adalah sebuah amanah yang harus dijaga bersama oleh seluruh Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) tanpa terkecuali," tulis Priscilla.

Baca juga: Situs Bukalapak dan Tokopedia Tumbang Bersamaan

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X