Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Permudah Pengajuan "Centang Biru"

Kompas.com - 29/08/2018, 09:19 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber CNBC


KOMPAS.com - Seiring dengan maraknya akun dan berita palsu berseliweran di Instagram, platform media sosial ini kini mempermudah penggunanya untuk mengajukan centang biru alias akun yang terverifikasi.

Hal ini dilakukan agar para pengguna terlindungi dari penyebaran berita-berita palsu.

Menurut Chief Technology Officer Instagram, Mike Krieger, akun Instagram dengan jumlah pengikut yang banyak akan dapat mengajukan permohonan centang biru dengan mudah lewat menu pada bilah setting di masing-masing akun.

Meski demikian, pengajuan verifikasi tidak serta merta langsung disetujui. Pihak Instagram akan meninjau terlebih dahulu akun-akun yang mengajukan permohonan.

"Kami tahu kami memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, untuk menjaga orang-orang jahat jauh dari Instagram. Dan kami berkomitmen untuk terus membangun lebih banyak alat untuk melakukan hal tersebut," ungkap Mike dikutip KompasTekno dari CNBC, Rabu (29/8/2018).

"Kami telah berfokus pada keamanan platform sejak awal, dan pembaruan hari ini meningkatkan kemampuan yang ada, seperti filter konten spam dan penyalahgunaan serta kemampuan untuk melaporkan atau memblokir akun," lanjutnya.

Kendati begitu Instagram tidak menjelaskan lebih rinci berapa banyak jumlah minimum pengikut suatu akun untuk dapat mengajukan verifikasi biru.

Namun yang jelas Instagram beranggapan bahwa semakin besar jumlah pengikut, maka semakin besar pula potensi untuk menebarkan informasi yang salah sehingga akan semakin mudah pengajuan verifikasi biru untuk akun tersebut.  

Instagram tidak membagikan berapa banyak pengikut akun yang harus memenuhi syarat, tetapi pengguna yang memiliki potensi untuk menjangkau audiens besar akan memenuhi syarat karena mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk menyebarkan informasi yang salah atau membuat penipu menyesatkan orang.

Beberapa kategori yang memenuhi syarat untuk verifikasi misalnya adalah tokoh masyarakat, selebriti, merek atau entitas global.

Pengguna yang telah memenuhi syarat, akan dapat menemukan opsi "request verification" pada bagian setting. Lewat tombol inilah pengguna bisa mengajukan permohonan centang biru.

Baca juga: Pengajuan Centang Biru di Instagram Kini Lebih Mudah, Begini Caranya

Pengguna akan menerima konfirmasi apakah pengajuannya diterima atau tidak melalui tab notifikasi. Instagram menegaskan jika pengajuan ini gratis alias tidak dipungut biaya.

Selayaknya Facebook, Instagram kini memang tengah gencar memberantas akun-akun palsu dan fokus pada keamanan platform. Selain mempermudah pengajuan centang biru, Instagram juga melakukan beberapa pembaruan pada beberapa fitur seperti filter spam dan fitur pemblokir akun.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Harus Ganti Password Instagram Sekarang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com