Instagram Permudah Pengajuan "Centang Biru"

Kompas.com - 29/08/2018, 09:19 WIB
Logo Instagram InstagramLogo Instagram
|


KOMPAS.com - Seiring dengan maraknya akun dan berita palsu berseliweran di Instagram, platform media sosial ini kini mempermudah penggunanya untuk mengajukan centang biru alias akun yang terverifikasi.

Hal ini dilakukan agar para pengguna terlindungi dari penyebaran berita-berita palsu.

Menurut Chief Technology Officer Instagram, Mike Krieger, akun Instagram dengan jumlah pengikut yang banyak akan dapat mengajukan permohonan centang biru dengan mudah lewat menu pada bilah setting di masing-masing akun.

Meski demikian, pengajuan verifikasi tidak serta merta langsung disetujui. Pihak Instagram akan meninjau terlebih dahulu akun-akun yang mengajukan permohonan.

"Kami tahu kami memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, untuk menjaga orang-orang jahat jauh dari Instagram. Dan kami berkomitmen untuk terus membangun lebih banyak alat untuk melakukan hal tersebut," ungkap Mike dikutip KompasTekno dari CNBC, Rabu (29/8/2018).

"Kami telah berfokus pada keamanan platform sejak awal, dan pembaruan hari ini meningkatkan kemampuan yang ada, seperti filter konten spam dan penyalahgunaan serta kemampuan untuk melaporkan atau memblokir akun," lanjutnya.

Kendati begitu Instagram tidak menjelaskan lebih rinci berapa banyak jumlah minimum pengikut suatu akun untuk dapat mengajukan verifikasi biru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun yang jelas Instagram beranggapan bahwa semakin besar jumlah pengikut, maka semakin besar pula potensi untuk menebarkan informasi yang salah sehingga akan semakin mudah pengajuan verifikasi biru untuk akun tersebut.  

Instagram tidak membagikan berapa banyak pengikut akun yang harus memenuhi syarat, tetapi pengguna yang memiliki potensi untuk menjangkau audiens besar akan memenuhi syarat karena mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk menyebarkan informasi yang salah atau membuat penipu menyesatkan orang.

Beberapa kategori yang memenuhi syarat untuk verifikasi misalnya adalah tokoh masyarakat, selebriti, merek atau entitas global.

Pengguna yang telah memenuhi syarat, akan dapat menemukan opsi "request verification" pada bagian setting. Lewat tombol inilah pengguna bisa mengajukan permohonan centang biru.

Baca juga: Pengajuan Centang Biru di Instagram Kini Lebih Mudah, Begini Caranya

Pengguna akan menerima konfirmasi apakah pengajuannya diterima atau tidak melalui tab notifikasi. Instagram menegaskan jika pengajuan ini gratis alias tidak dipungut biaya.

Selayaknya Facebook, Instagram kini memang tengah gencar memberantas akun-akun palsu dan fokus pada keamanan platform. Selain mempermudah pengajuan centang biru, Instagram juga melakukan beberapa pembaruan pada beberapa fitur seperti filter spam dan fitur pemblokir akun.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Harus Ganti Password Instagram Sekarang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.