Foto Bos Xiaomi Menunggang Motor Jadi Kontroversi

Kompas.com - 29/08/2018, 16:33 WIB
Xiaomi merilis smartphone Pocophone F1 dengan harga mulai Rp 4,5 juta untuk pasar Indonesia, Senin (27/8/2018). Fatimah Kartini/KOMPAS.comXiaomi merilis smartphone Pocophone F1 dengan harga mulai Rp 4,5 juta untuk pasar Indonesia, Senin (27/8/2018).
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Direktur Product Management Xiaomi, Donovan Sung hendak mempromosikan ponsel baru dari sub-brand Pocophone besutan Xiaomi. Dia pun memajang foto yang diklaim hasil jepretan perangkat tersebut di akun Instagram miliknya.

Sayang, foto itu tak sesuai dengan klaim Sung. Alih-alih Pocophone F1, gambar yang bersangkutan diduga merupakan hasil jepretan ponsel lain, tepatnya Mi Mix 2S yang juga bikinan Xiaomi.

Dugaan tersebut mengemuka setelah seorang editor di forum online Reddit yang bernama Mohammed Faisal (u/Faiso333), yang menemukan keganjilan dalam foto unggahan Sung.

Dia mengaku sebelumnya pernah melihat foto yang mirip di linimasa Instagram sang eksekutif Xiaomi.

Setelah ditelusuri, ternyata Sung memang pernah mengunggah foto yang sama persis, jauh sebelum peluncuran Pocophone.

Baca juga: Pocophone F1 yang Dijual Xiaomi di Indonesia Bermasalah

Tone warnanya sedikit berbeda, tapi framing dan subyek foto sama persis, yakni Sung yang mejeng di atas motor listrik Super SOCO.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Beebom, Rabu (29/8/2018), ketika itu foto tersebut diimbuhi watermark berbunyi “Shot on Mi Mix 2S AI Dual Camera” untuk menandai perangkat pengambil gambar. 

Foto yang diklaim hasil jepretan Pocophone di akun Instagram Donovan Sung (kanan) dan foto sebelumnya yang diketahui berasal dari Mi Mix 2S.Mohammed Faisal/ Reddit.com Foto yang diklaim hasil jepretan Pocophone di akun Instagram Donovan Sung (kanan) dan foto sebelumnya yang diketahui berasal dari Mi Mix 2S.

Nah, dalam foto terbaru yang dipamerkan Sung, watermark di pojok kiri bawah frame terlihat sudah dihilangkan dengan kasar, meninggalkan bekas-bekas yang jelas terlihat.

Kedua foto belakangan dihapus dari akun Instagram Sung, namun screenshot terlanjur beredar. 

Xiaomi bukan satu-satunya perusahaan yang pernah kepergok memakai foto jepretan perangkat lain untuk mempromosikan smartphone.

Baca juga: Huawei Ketahuan Pakai Kamera DSLR untuk Iklankan Foto Selfie

Baru-baru ini, Huawei ketahuan memakai foto dari DSLR untuk mengiklankan kemampuan selfie smartphone seri Nova 3. Lalu, Samsung juga pernah mengambil stock photo dari agensi foto Getty Images untuk mempromosikan ponsel seri Galaxy A8.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Beebom
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X