Facebook Watch Kini Tersedia di Seluruh Dunia

Kompas.com - 30/08/2018, 10:26 WIB
Facebook Watch FacebookFacebook Watch

KOMPAS.com - Pada Agustus 2017, Facebook meluncurkan platform video bertajuk “Watch” secara eksklusif di Amerika Serikat. Layanan yang dibuat untuk menyaingi YouTube tersebut kini tersedia secara global untuk seluruh pengguna di mana pun.

Perilisan global ini menyusul antusiasme netizen AS yang diklaim positif. Setiap bulan, lebih dari 50 juta orang menonton video di Watch setidaknya selama satu menit.

“Sejak awal 2018, durasi pengguna menonton video di Watch meningkat sekitar 14 kali lipat,” begitu tertera pada situs resmi Facebook Newsroom yang dikutip KompasTekno, Kamis (30/8/2018).

Meski mulanya dibuat sebagai pesaing YouTube, Facebook Watch sejatinya juga bisa menggeser kemapanan video on-demand, semacam Netflix dan Hulu. Pasalnya, layanan Watch juga menyediakan tayangan orisinal yang didanai langsung oleh Facebook.

Jenis tayangannya beragam, mulai dari serial, reality show, komedi, dan siaran langsung olahraga. Beberapa yang populer di AS saat ini antara lain Red Table Talk, Huda Boss, dan Major League Baseball.

Secara garis besar, ada empat fungsi yang diakomodir Facebook Watch.

Pertama, sebagai tempat untuk mencari video-video baru sesuai ketertarikan pengguna melalui linimasi yang terpersonalisasi.

Pengguna bisa membuat watchlist yang berisi koleksi video-video baru dari Page yang diikuti. Untuk modifikasi lebih lanjut, pengguna bisa mengikuti lebih bayak Page atau menghapus Page tertentu dari watchlist.

Kedua, sebagai wadah kreatif bagi kreator konten video dan perusahaan yang ingin menarget audiens mereka dan membangun komunitas aktif. Interaksi antara audiens dengan kreator konten atau perusahaan bersifat dua arah, layaknya di jejaring sosial Facebook.

Ketiga, sebagai tempat untuk menyimpan video-video menarik yang tak sempat ditonton. Ketika pengguna melihat video di linimasa yang menarik perhatian tetapi tengah mengerjakan sesuatu, video itu bisa disimpan untuk ditonton lain waktu.

Keempat, berpartisipasi lebih dalam ke video. Facebook tengah membangun pengalaman video yang meletakkan pengguna sebagai komponen penting untuk mengarahkan bentuk konten. Hal ini belum dijelaskan mekanismenya lebih lanjut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X