Mengulas Masalah "Bug" Kamera di Pocophone F1

Kompas.com - 31/08/2018, 14:11 WIB
Xiaomi merilis smartphone Pocophone F1 dengan harga mulai Rp 4,5 juta untuk pasar Indonesia, Senin (27/8/2018).Fatimah Kartini/KOMPAS.com Xiaomi merilis smartphone Pocophone F1 dengan harga mulai Rp 4,5 juta untuk pasar Indonesia, Senin (27/8/2018).

KOMPAS.com - Layaknya barang produksi masal, kadang ada saja masalah yang menimpa smartphone dan baru mengemuka ketika sudah berada di tangan konsumen.

Itu pula agaknya yang terjadi ketika admin akun Instagram K2 Gadgets menjajal smartphone Pocophone F1 di toko Erafone di sebuah mal di Jakarta. Kamera ponsel flagship murah besutan Xiaomi tersebut mengalami error dan tidak bisa dibuka dengan aplikasi kamera.

Kendala yang sama terulang lagi dengan dua Pocophone F1 lain yang diberikan sebagai pengganti sehingga total terdapat tiga unit Pocophone dengan kamera bermasalah. Akhir cerita, uang pembelian dikembalikan ke K2 Gadgets dan Pocophone tak jadi dibawa pulang.

KompasTekno coba mereplikasi problem kamera pada unit Pocophone F1 yang dikirimkan oleh Xiaomi sebagai sample. Unit Pocophone F1 di tangan KompasTekno merupakan versi  final dalam boks retail tersegel.

Ternyata masalah kamera seperti yang dideskripsikan oleh K2 Gadgets segera muncul. Aplikasi kamera Pocophone F1 mendadak mogok ketika KompasTekno menjajal mode Portrait untuk simulasi bokeh (background blur) dengan kamera ganda sang perangkat.

Baca juga: Pocophone F1 yang Dijual Xiaomi di Indonesia Dilaporkan Bermasalah

Sebelumnya aplikasi kamera baik-baik saja  ketika dicoba menangkap gambar dengan mode lain, termasuk ketika menjajal selfie dengan kamera depan.

Beberapa saat setelah berpindah mode ke Portrait, tampilan preview di layar mulai tampak terpatah-patah, kemudian terdiam (freeze). Ponsel lalu menampilkan pesan kesalahan berbunyi “Can’t connect to camera” (tidak bisa terhubung ke kamera).

Kamera membeku

Masalah yang sama secara konsisten terulang tiap kali aplikasi kamera bawaan Pocophone F1 dicoba untuk mengambil foto dengan mode Portrait, terutama ketika titik fokus dipindah-pindah dalam frame atau melakukan panning. Saat itulah tampilan preview menjadi patah-patah, sebelum akhirnya membeku.

Dari sini, ada masalah lanjutan yang sifatnya agak random. Setelah mengalami error, kadang kamera Pocophone F1 masih bisa digunakan dengan menutup dan membuka kembali aplikasi kamera.

Kadang pula, setelah membeku di mode Portrait, aplikasi kamera bisa dijalankan kembali dengan berpindah ke mode pengambilan gambar lain. Bisa juga pulih sendiri setelah beberapa lama terdiam di mode Portrait.

Di kesempatan lain, setelah mengalami error dan aplikasi dibuka kembali, kamera mogok sama sekali dan hanya menampikan layar preview gelap gulita . Apabila ini yang terjadi, Pocophone F1 akan menampilkan pesan error dengan anjuran untuk me-restart ponsel.

Unit sample Pocophone F1 KompasTekno mengalami freeze saat aplikasi kamera diubah ke mode Portrait. Gambar preview membeku meski kamera telah diarahkan ke subyek lain (foto kiri). Setelah beberapa lama muncul pesan error (foto tengah). Sebelum pesan error muncul, kamera masih bisa dipulihkan dengan mengganti mode. Pesan error akan menutup aplikasi kamera. Setelah tertutup, aplikasi kamera kadang bisa dibuka kembali, atau kadang tidak mau berjalan serta hanya menampilkan layar review gelap beserta pesan error. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Unit sample Pocophone F1 KompasTekno mengalami freeze saat aplikasi kamera diubah ke mode Portrait. Gambar preview membeku meski kamera telah diarahkan ke subyek lain (foto kiri). Setelah beberapa lama muncul pesan error (foto tengah). Sebelum pesan error muncul, kamera masih bisa dipulihkan dengan mengganti mode. Pesan error akan menutup aplikasi kamera. Setelah tertutup, aplikasi kamera kadang bisa dibuka kembali, atau kadang tidak mau berjalan serta hanya menampilkan layar review gelap beserta pesan error.

Menjalankan aplikasi kamera pihak ketiga macam Open Camera tak membuahkan hasil apabila aplikasi kamera bawaan Pocophone F1 sudah tidak menampilkan preview. Open Camera pun hanya menampilkan layar gelap.

Kamera Pocophone F1 bisa berjalan kembali dengan normal apabila perangkat di-restart. Namun, masalah yang sama dapat terulang lagi, begitu aplikasi kamera bawaan dibuka dan mode pengambilan gambar diubah ke Portrait.  

Baca juga: Layar Samsung Galaxy Note 9 Dapat Gelar Terbaik

Saat menjajal ketiga unit Pocophone F1 di mal, admin akun Instagram K2 Gadgets tampak juga mengalami masalah yang berbeda, meski sama-sama soal kamera. Pengalaman tersebut dituangkan dalam tayangan video unboxing Pocophone F1 di kanal IG TV milik K2 Gadgets.

Dalam video, tampak dua unit pertama yang dicoba oleh K2 Gadgets tidak bisa menjalankan aplikasi kamera lagi setelah error, walaupun sudah di-restart. Sementara, unit ketiga mengalami masalah yang mirip dengan sample yang dimiliki KompasTekno, yakni membeku ketika coba menggunakan mode Portrait.

Masalah software?

KompasTekno mencoba menjalankan tool diagnosa hardware (CIT engineering mode) bawaan Xiaomi, dengan mengetuk keterangan nomor versi kernel software di bagian “About phone” dalam menu Settings.

Sebelum aplikasi kamera mengalami error, seluruh pengujian hardware kamera (rear, rear sub camera, front camera, dan rear dual camera) bisa berjalan dengan lancar. Dalam semua pengujian, Pocophone F1 bisa menampilkan preview tangkapan kamera dan menjepret gambar.

Sebaliknya, setelah aplikasi kamera mengalami error, seluruh pengujian kamera dalam tool diagnosa hardware ini tidak bisa dijalankan dan menampilkan pesan berbunyi “Failed to take picture”.

Apakah problem ini terkait dengan masalah software pada Pocophone F1? Bisa jadi demikian. Kalau memang benar begitu, mungkin masalahnya bisa diatasi dengan lewat update sistem operasi/patch dari Xiaomi, meski hingga kini masih belum ada pembaruan.

Pocophone F1 yang ada di tangan KompasTekno menggunakan MIUI 9.6.11.0 berbasis OS Android 8.1.0.

Sebelum mengalami error di aplikasi kamera, tool diagnosa CIT di Pocophone F1 masih bisa mengakses hardware kamera dan menjalankan pengujian dengan lancar (gambar kiri). Namun, setelah error muncul dan aplikasi kamera tidak bisa dipakai, CIT pun tak bisa menjalankan pengujian hardware kamera dan menampilkan pesan error (gambar tengah).KOMPAS.com/ OIK YUSUF Sebelum mengalami error di aplikasi kamera, tool diagnosa CIT di Pocophone F1 masih bisa mengakses hardware kamera dan menjalankan pengujian dengan lancar (gambar kiri). Namun, setelah error muncul dan aplikasi kamera tidak bisa dipakai, CIT pun tak bisa menjalankan pengujian hardware kamera dan menampilkan pesan error (gambar tengah).

Error Pocophone F1 sejauh ini hanya terjadi ketika pengguna menjalankan mode Portrait di aplikasi kamera dan bisa dipulihkan dengan me-restart perangkat, setidaknya
untuk unit sample yang diterima KompasTekno.

Belum tentu solusi yang sama bisa diterapkan di Pocophone F1 lain yang mengalami error. Namun, belum tentu pula semua Pocophone F1 bermasalah karena ada pula pembeli yang melaporkan perangkatnya baik-baik saja di media sosal. Seberapa luas sebaran masalah ini masih belum diketahui.

Masih belum jelas pula apa yang menjadi trigger masalah mode Portrait yang membeku, dan kenapa masalah lanjutannya bisa berbeda-beda, dari sekadar bisa pulih dengan berganti mode, hingga baru sembuh ketika perangkat di-restart.

Update dari Xiaomi

Pihak Xiaomi Indonesia pada Jumat (31/8/2018) sore mengakui bahwa ada bug di software kamera Pocophone F1, dan telah merilis update untuk menambal bug tersebut.

Xiaomi meminta pengguna untuk mengupdate software ke versi terbaru (9.6.14.0) untuk memperbaiki bug tersebut. Pembaruan itu telah tersedia dan bisa diunduh mulai hari ini.

KompasTekno sendiri juga telah mencoba mengupdate OS ke versi terbaru (9.6.14.0) seperti yang disarankan Xiaomi, dan masalah kamera yang membeku teratasi.

Baca juga: Xiaomi Akui Ada Bug di Kamera Pocophone F1, Ini Cara Mengatasinya


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X