Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Penutupan Asian Games, Telkomsel Tambah Kapasitas Jaringan di GBK

Kompas.com - 01/09/2018, 13:28 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Merespons animo masyarakat yang tinggi untuk mengunjungi Gelora Bung Karno selama gelaran Asian Games 2018, Telkomsel menambah delapan Combat di titik-titik yang banyak didatangi pengunjung, seperti Zona Festival Binbin, Kaka, dan Atung.

Selain itu Telkomsel juga telah menambah kapasitas jaringan 4G LTE sebesar 35 persen dibandingan saat opening Ceremony, sehingga pelanggan dapat meninkmati internet di jaringan Telkomsel dengan lebih maksimal.

Rata-rata kecepatan internet yang dapat diakses oleh pelanggan Telkomsel di GBK adalah 20 Mbps, dengan kecepatan minimal 5 Mbps.

Dengan adanya optimalisasi tersebut Telkomsel menjamin pelanggan dapat mengakses berbagai konten di internet seperti instant messaging, streaming, sosial media atau aplikasi lainnya dengan lancar.

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan, ia sangat senang animo masyarakat terhadap Asian Games sangat luar biasa, dan semua kebutuhan pelanggan dalam berkomunikasi diklaim bisa dilayani dengan baik.

Baca juga: Tiket Pertandingan E-sport Asian Games 2018 Bisa Dibeli Online

"Telkomsel telah berkomitmen untuk mengawal jaringannya dengan baik sehingga layanan komunikasi di semua venue Asian Games dapat terlayani dengan lancar," kata Ririn dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Sabtu (1/9/2018).

Telkomsel sendiri mencatatkan kenaikan payload atau trafik data yang signifikan selama pertandingan di venue-venue Asian Games 2018.

Kenaikan trafik data tertinggi terjadi di Istora Senayan sebesar 170 persen saat final pertandingan bulutangkis berlangsung. Optimalisasi jaringan terus dilakukan untuk menjawab tingginya animo masyarakat terhadap layanan Telkomsel selama Asian Games 2018 di GBK.

Menjelang penutupan Asian Games 2018, tercatat lebih dari 1 juta pelanggan Telkomsel yang telah mengunjungi GBK.

Besarnya pengunjung yang hadir ini mengakibatkan trafik data Telkomsel naik signifikan seperti pada saat final pertandingan Bulutangkis di Istora Senayan yang mencapai lebih dari 170 persen dengan jumlah pelanggan Telkomsel yang hadir di GBK lebih dari 95.000.

Di Main Stadium GBK sendiri yang merupakan termpat pertandingan cabang olahraga Atletik juga terjadi kenaikan data rata-rata hingga 149 persen.

Sementara itu di venue Archery Field GBK juga terjadi kenaikan data rata-rata sebesar 190 persen, begitu pula dengan Hockey Field GBK yang mencapai kenaikan hingga 194 persen. Kenaikan traffic data juga terlihat signifikan di venue Auquatic GBK yang mencapai 215 persen.

Secara persentase, pertumbuhan kenaikan trafik di venue di Istora Senayan memang terlihat tidak lebih tinggi dari ketiga venue di atas, tetapi secara jumlah data, tetap Istora Senayan tertinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com