Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Rilis Kirin 980, Chip 7 nm Komersil Pertama

Kompas.com - 02/09/2018, 19:05 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di ajang IFA 2018 yang dihelat di Berlin, Jerman, Huawei memerkenalkan chipset teranyarnya, Kirin 980.  Chip dengan fabrikasi 7nm menjadi yang dikomersilkan pertama di dunia.

Kirin 980 merupakan chip kelas atas yang digadang-gadang bakal dapat menyaingi Snapdragon 845. Huawei mengklaim chip berarsitektur 7 nm ini punya tenaga 20 persen lebih kencang dan 40 lebih irit bateri ketimbang prosesor 10 nm.

Selain itu, chipset ini juga ditenagai oleh GPU Mali G76 yang diklaim 46 persen lebih bertenaga dan 178 persen lebih efisien ketimbang versi sebelumnya.

Dikutip KompasTekno dari Android Police, Sabtu (1/8/2018), yang membuat Kirin 980 istimewa bukan hanya kecepatan dan tingkat efisiensi dayanya. Chipset ini juga dipersenjatai dual NPU on board yang dibuat untuk mengembangkan kecerdasan buatan (AI).

Kirin 980 juga diklaim mampu mendukung hasil jepretan kamera ponsel jadi lebih baik. Prosesor ini memiliki teknologi HDR teranyar yang dapat memanipulasi kontras gambar hasil jepretan foto.

Baca juga: Ponsel Gaming Honor Play Resmi Dirilis, Harga Rp 4 Jutaan

Chipset Kirin 980 pertama kabarnya akan disematkan pada ponsel Honor 2 Magic yang juga muncul pada gelaran IFA 2018. Namun Huawei sendiri belum dapat memastikan kapan ponsel ini akan dirilis.

Seperti diketahui, Huawei memang mendesain prosesor miliknya sendiri untuk disematkan pada ponsel yang diproduksi.

Saat ini, Kirin 970 merupakan SoC unggulan Huawei saat ini yang terdapat dalam Mate 10, P20, P20 Pro, Honor Play, Honor 10, dan Honor View 10.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com