Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Tanggal Peluncuran Nokia 6.1 Plus di Indonesia?

Kompas.com - 03/09/2018, 09:15 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Facebook

KOMPAS.com - Nokia 6.1 Plus (atau Nokia X6) dan Nokia 5.1 Plus (atau nokia X5) disinyalir bakal masuk pasar Indonesia pada 6 September 2018. Poster misterius telah disebar di akun Facebook resmi Nokia Mobile berbahasa Indonesia.

Pada poster tersebut, tampak bayangan sebuah ponsel disertai kata-kata “get ready to unveil the most awaited phone” (bersiap mengungkap ponsel yang paling ditunggu-tunggu).

Nokia tak secara gamblang menyebut ponsel yang dimaksud adalah seri 6.1 Plus dan 5.1 Plus. Pabrikan Finlandia itu pun meminta netizen menebak sendiri dan menuliskan opini mereka di kolom komentar.

Banyak yang menyebut Nokia 6.1 Plus dan Nokia 5.1 Plus. Pasalnya, kedua seri tersebut baru saja diperkenalkan di India pada 21 Agustus 2018, dan digadang-gadang bakal meluncur ke negara-negara lain pada September ini.

Nokia 6.1 Plus dan Nokia 5.1 Plus sejatinya adalah versi global dari Nokia X6 dan Nokia X5 yang diperkenalkan secara eksklusif di China, beberapa bulan lalu. Lantas, seperti apa spesifikasi dua lini menengah ke bawah tersebut?

Baca juga: Nokia 6.1 Plus dan Nokia 5.1 Plus Resmi Meluncur, Harganya?

Nokia 6.1 Plus memiliki layar 5,8 inci dengan aspek rasio 19:9 dan notch di sisi atasnya. Menggunakan prosesor 636, RAM 4 GB, media penyimpanan 64 GB, serta baterai 3.060 mAh.

Kamera gandanya memadankan sensor 16 megapiksel dan 5 megapiksel. Kebutuhan selfie disokong kamera 16 megapiksel.

Sementara itu, Nokia 5.1 Plus hadir dengan layar 5,86 inci berasio 19:9 dan notch. Prosesornya memakai MediaTek Helio P60, RAM 3GB/4GB, memori 32GB/64GB, serta baterai 3.060 mAh.

Ada pula kamera ganda dengan resolusi lebih rendah, yakni 13 megapiksel dan 5 megapiksel. Kamera depannya mengandalkan sensor 8 megapiksel.

Layaknya smartphone Nokia buatan HMD Global, seri 6.1 Plus dan 5.1 Plus berjalan dengan sistem operasi Android Oreo 8.1 “polos” tanpa tambahan custom UI. Kedua kamera juga dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI).

Di India, Nokia 6.1 Plus dibanderol harga Rp 3,4 juta. Harga Nokia 5.1 Plus sendiri masih menjadi rahasia. Kita tunggu saja hingga pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com