Android Oreo Semakin Banyak Digunakan, Pie Nihil

Kompas.com - 03/09/2018, 13:20 WIB
Android Pie Android AuthorityAndroid Pie

KOMPAS.com -  Android Oreo (2017) menunjukkan peningkatan penetrasi yang signifikan, saat ini tersemat di 14,6 persen ponsel Android yang beredar di pasaran. 

Sementara itu, hingga 31 Agustus 2018, belum ada ponsel Android yang memakai versi Pie (2018) teranyar.

Hal ini diumbar Google dalam laporan teranyarnya. Sistem operasi yang terpopuler tak lain adalah versi Nougat (2016) yang tersebar di 30,8 persen ponsel Android.

Jumlah itu terbagi atas 20,3 persen Android Nougat 7.0 dan 10,5 persen Android Nougat 7.1.

Di posisi kedua yang terpopuler ada Android Marshmallow (2015) dengan penetrasi 22,7 persen, sementara Android Lollipop (2014) di posisi ketiga dengan penetrasi 19,2 persen.

Android KitKat (2013) sudah banyak ditinggalkan, padahal sempat lama menjadi yang terpopuler. Kini sistem operasi itu hanya terpatri di 8,6 persen ponsel Android.

Versi Android yang lebih jadul pun semakin sepi pengguna. Android Jelly Bean (2012) hanya disesaki 3,5 persen ponsel Android, lantas Android Ice Cream Sandwich (2011) dan Gingerbread (2011) sama-sama 0,3 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (3/9/2018), dari Phonedog.

Penetrasi Android Pie agaknya bakal gencar pada 2019 mendatang, mengingat saat ini para vendor tengah berlomba-lomba menyiapkan perangkatnya untuk mendapat update. Lini ponsel keluaran anyar pun digadang-gadang sudah siap dengan sistem operasi termutakhir itu.

Baca juga: Android 9 Dinamai Pie, Ini Sembilan Fitur Barunya

Diketahui, Google bisa tahu sistem operasi versi apa yang digunakan sebuah smartphone untuk mengakses Play Store. Dari situlah Google menghimpun data distribusi sistem operasi Android dan mengumbarnya ke publik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Phonedog
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X