Rahasia Game "Doom II" Terungkap setelah 24 Tahun

Kompas.com - 03/09/2018, 17:03 WIB
Poster game Doom II id SoftwarePoster game Doom II
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Game Doom II telah berumur puluhan tahun semenjak pertama dirilis pada 1995. Namun, salah satu pelopor genre first person shooter ini ternyata masih menyimpan rahasia yang baru belakangan saja terungkap.

Rahasia tersebut ada di level 15 game Doom II dan berupa teleport pad. Selama ini ia dianggap sebagai “bug” lantaran teleport pad tidak bisa dipicu (trigger) oleh pemain.

Ternyata, sebagaimana dirtemukan oleh seorang pemain dengan nama akun Zero Master di YouTube, rahasia yang bersangkutan memang tidak bisa di-trigger dengan cara biasa, melainkan harus dengan mekanisme khusus.

Caranya sederhana saja, yakni dengan membiarkan karakter pemain didorong oleh musuh dengan jarak sangat dekat.


Tulisan “A secret is revealed!’ yang menandakan bahwa rahasia sudah ditemukan pun muncul di layar dan Zero Master akhirnya berhasil mencapai angka penyelesaian secrets sebanyak 100 persen di level 15 Doom II, setelah selama bertahun-tahun angka ini selalu mentok di 90 persen.

Baca juga: Dioprek, Touch Bar MacBook Pro Bisa Jalankan Game Doom

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu pencipta seri game Doom, John Romero, dengan senang hati menyatakan bahwa rahasia terakhir dari game Doom II telah terungkap.

“Selamat untuk Zero Master! Akhirnya, setelah 24 tahun!” ucap Romero dalam sebuah tweet, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Kotaku, Senin (3/8/2018). Romero turut menjelaskan mekanisme untuk memicu secret yang bersangkutan dalam kicauannya.

Zero Master merekam proses pemecahan rahasia itu dalam sebuah video yang diunggah di YouTube. Rahasia dimaksud terpicu pada menit ke 3.05 saat karakter didorong oleh Pain Elemental.  



Sumber Kotaku

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.