Facebook, Instagram, dan WhatsApp Sempat Tumbang 1 Jam

Kompas.com - 04/09/2018, 07:33 WIB
Ilustrasi Facebook The telegraphIlustrasi Facebook
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Dini hari tadi, sejumlah layanan online populer seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger dilaporkan sempat tumbang ( down) serta tidak bisa diakses oleh para pengguna di berbagai belahan dunia.

Keterangan dari Down Detector menyebutkan bahwa tumbangnya keempat media sosial dan instant messenger milik Facebook ini dimulai pada Senin (3/9/2018) sekitar pukul 16.50 EDT, atau Selasa (4/9/2018) pukul 3.30 WIB.

Tumbangnya layanan populer Facebook itu berlangsung selama sekitar satu jam. Peta sebaran di Down Detector memperlihatkan bahwa Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger terutama tak bisa diakses oleh para pengguna di daerah Amerika Serikat dan daratan Eropa.

Untuk wilayah Indonesia dan negara-negara di belahan Bumi timur, peta di situs Down Detector menampilkan minim keluhan. Kemungkinan yang terkena imbasnya hanya sedikit, mengingat dini hari menjadi waktu di mana banyak pengguna berisitirahat di belahan dunia ini.

Pengguna yang hendak log-in hanya disambut dengan pesan berbunyi “Service Unavailable”. Ada juga yang melaporkan pesan “Facebook down untuk maintenance saat ini, tapi seharusnya usdah bisa diakses kembali dalam beberapa menit.”

Peta Down Detector memperlihatkan tumbangnya empat layanan populer milik Facebook pada 4 September 2018 sebagian besar berdampak pada para pengguna di Amerika Serikat dan Eropa. Down Detector Peta Down Detector memperlihatkan tumbangnya empat layanan populer milik Facebook pada 4 September 2018 sebagian besar berdampak pada para pengguna di Amerika Serikat dan Eropa.

Selain problem log-in, ada juga yang mengalami masalah saat posting, berkomentar, atau update Newsfeed di Facebook.

Di layanan Messenger, pesan-pesan baru tak bisa termuat. WhatsApp tak bisa tersambung ke server atau mengirim dan menerima pesan. Lalu di Instagram, posting atau pesan terkini tak ditampilkan.

Baca juga: Situs Bukalapak dan Tokopedia Tumbang Bersamaan

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari News.com.au, Selasa (4/9/2018), Facebook belum menjelaskan penyebab tumbangnya keempat layanan online terpopuler, dengan jumlah pengguna mencapai miliaran tersebut.

Seperti kejadian sebelumnya, saat layanan Facebook down, para pengguna yang kesal berbondong-bondong pergi ke Twitter dan menumpahkan uneg-uneg di jagat microblogging yang notabene merupakan kompetitor Facebook.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X