Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook, Instagram, dan WhatsApp Sempat Tumbang 1 Jam

Kompas.com - 04/09/2018, 07:33 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dini hari tadi, sejumlah layanan online populer seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger dilaporkan sempat tumbang (down) serta tidak bisa diakses oleh para pengguna di berbagai belahan dunia.

Keterangan dari Down Detector menyebutkan bahwa tumbangnya keempat media sosial dan instant messenger milik Facebook ini dimulai pada Senin (3/9/2018) sekitar pukul 16.50 EDT, atau Selasa (4/9/2018) pukul 3.30 WIB.

Tumbangnya layanan populer Facebook itu berlangsung selama sekitar satu jam. Peta sebaran di Down Detector memperlihatkan bahwa Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger terutama tak bisa diakses oleh para pengguna di daerah Amerika Serikat dan daratan Eropa.

Untuk wilayah Indonesia dan negara-negara di belahan Bumi timur, peta di situs Down Detector menampilkan minim keluhan. Kemungkinan yang terkena imbasnya hanya sedikit, mengingat dini hari menjadi waktu di mana banyak pengguna berisitirahat di belahan dunia ini.

Pengguna yang hendak log-in hanya disambut dengan pesan berbunyi “Service Unavailable”. Ada juga yang melaporkan pesan “Facebook down untuk maintenance saat ini, tapi seharusnya usdah bisa diakses kembali dalam beberapa menit.”

Peta Down Detector memperlihatkan tumbangnya empat layanan populer milik Facebook pada 4 September 2018 sebagian besar berdampak pada para pengguna di Amerika Serikat dan Eropa. Down Detector Peta Down Detector memperlihatkan tumbangnya empat layanan populer milik Facebook pada 4 September 2018 sebagian besar berdampak pada para pengguna di Amerika Serikat dan Eropa.

Selain problem log-in, ada juga yang mengalami masalah saat posting, berkomentar, atau update Newsfeed di Facebook.

Di layanan Messenger, pesan-pesan baru tak bisa termuat. WhatsApp tak bisa tersambung ke server atau mengirim dan menerima pesan. Lalu di Instagram, posting atau pesan terkini tak ditampilkan.

Baca juga: Situs Bukalapak dan Tokopedia Tumbang Bersamaan

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari News.com.au, Selasa (4/9/2018), Facebook belum menjelaskan penyebab tumbangnya keempat layanan online terpopuler, dengan jumlah pengguna mencapai miliaran tersebut.

Seperti kejadian sebelumnya, saat layanan Facebook down, para pengguna yang kesal berbondong-bondong pergi ke Twitter dan menumpahkan uneg-uneg di jagat microblogging yang notabene merupakan kompetitor Facebook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com