Update Besar Windows 10 Meluncur Oktober, Apa Saja yang Berubah?

Kompas.com - 04/09/2018, 11:03 WIB
Wallpaper khas Windows 10. MicrosoftWallpaper khas Windows 10.

KOMPAS.com - Ada banyak kejutan yang muncul dalam gelaran IFA 2018 di Berlin minggu lalu. Salah satunya adalah Microsoft yang mengumumkan akan segera merilis update besar (major update) untuk sistem operasi Windows 10.

Pembaruan ini, menurut Microsoft akan mulai digulirkan kepada para pengguna pada bulan Oktober mendatang. Namun raksasa software asal Redmond ini belum memastikan kepastian tanggal rilis pembaruan ini.

Berbeda dari update minor yang biasanya hanya untuk menambal lubang keamanan OS, update besar (major) ini akan membawa perubahan signifikan terhadap tampilan Windows 10.

Lantas apa saja update yang akan dibawa Microsoft untuk Windows 10 Oktober nanti?

Dikutip KompasTekno dari Gadgetsnow, Selasa (4/9/2018), pembaruan ini akan membawa sejumlah fitur baru di antaranya adalah alat snipping (screenshot) yang diperbarui, kemudian ada pula fitur clipoard cloud yang juga diperbarui.

Baca juga: Update Windows 10 Ngadat, Apa yang Harus Dilakukan?

Selain itu menurut Microsoft, jendela File Explorer juga akan punya wajah baru, yakni mode gelap (hitam) yang akan membuat mata pengguna lebih nyaman ketika berada dalam kondisi minim cahaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pembaruan ini, Microsoft juga meningkatkan performa serta kemampuan peramban (browser) internet buatannya, Edge. Ada pula fitur untuk melihat informasi kinerja komputer saat bermain game pada Xbox Game Bar.

Pada bilah "Search" yang ada di bagian bawah, pengguna nantinya dapat melihat preview terkait apa saja yang dicari, sehingga proses pencarian bisa menjadi lebih cepat.

Kemudian, lewat pembaruan ini, pengguna juga nantinya dapat memberi nama pada tile folders yang telah dibuat. Dengan begitu, akan memudahkan pengguna untuk mengorganisir aplikasi apa saja yang biasa ia gunakan.

Tile Folder sendiri adalah sebuah folder yang ada pada Start Menu yang berisi kumpulan aplikasi tertentu. Saat ini. memang belum ada fitur untuk memberi nama tile folder ini.

Sebelumnya, Microsoft memang diketahui tengah menyiapkan pembaruan besar untuk Windows 10 sejak awal 2018 ini. Microsoft menamakan pembaruannya dengan nama sandi Redstone 5 yang rilis pada awal 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GadgetsNow
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.