Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Redmi 6 dan 6A Dirilis, Bagaimana Nasib Redmi 5 dan 5A?

Kompas.com - 05/09/2018, 11:32 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua model terbaru seri Redmi sudah resmi diboyong ke Indonesia. Redmi 6 dan Redmi 6A dibanderol dengan harga mulai Rp 1,9 juta dan Rp 1,4 juta.

Jika dilihat dari rentang harga, keduanya bertabrakan dengan seri pendahulunya yakni Redmi 5 dan 5A yang dirilis pada akhir 2017 lalu.

Redmi 5 saat ini masih berada pada kisaran harga Rp 1,8 juta dan Redmi 5A berada pada kisaran Rp 1,3 juta. (Baca juga: Xiaomi Naikkan Harga Redmi 5A dan Redmi Note 5)

Kendati memiliki harga yang berbenturan, Country Manager Xiaomi Indonesia, Steven Shi, tetap menjamin kelangsungan hidup dua seri Redmi terdahulunya di pasar ponsel pintar Indonesia.

Ia mengatakan baik itu Redmi 5 maupun Redmi 5A akan tetap berada pada jalur distribusi dan dijual melalui jaringan resmi yang ada.

"Redmi 5 dan Redmi 5A masih tersedia di seluruh jaringan distribusi kami," ungkap Steven kepada KompasTekno, Rabu (5/9/2018).

Ia pun menambahkan dengan begitu, pengguna memiliki opsi yang lebih banyak untuk menentukan pilihan. Memang meski rentang harganya setara, dua seri Redmi ini memiliki perbedaan spesifikasi.

Yang paling mencolok ada pada sisi prosesor di mana Redmi 5 dan Redmi 5A menggunakan chipset Snapdragon besutan Qualcomm sedangkan seri teranyar Redmi 6 dan Redmi 6A menggunakan chipset MediaTek Helio.

Baca juga: Ini Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

"Dengan demikian akan ada lebih banyak pilihan produk bagi para pengguna," ungkap Steven.

Saat acara peluncuran, Steven sendiri mengungkapkan bahwa kedua versi Redmi memang ini merupakan suksesor dari Redmi 5 dan Redmi 5A yang dirilis pada akhir tahun lalu.

Ia menambahkan, kendati Redmi 6 dan Redmi 6A sejatinya telah diperkenalkan secara global pada Juni lalu, namun ia berharap ponsel ini akan sesukses pendahulunya di Indonesia.

"Tahun ini banyak momen yang dialami Xiaomi mulai dari IPO sampai jadi brand terbesar kedua di Indonesia. Kali ini kami membawa penerus seri Redmi 5 ke Indonesia," ungkap Steven di atas panggung peluncuran, Selasa (4/9/2018).

Redmi 6 dan Redmi 6A sendiri membawa spesifikasi yang tak begitu jauh berbeda. Secara desain keduanya memiliki bentuk dan ukuran yang serupa.

Kedua ponsel ini memiliki bentang layar seluas 5,45 inci dengan aspek rasio 18:9. Perbedaannya terletak pada prosesor, RAM, dan kamera.

Redmi 6 diotaki oleh MediaTek Helio P22 sedangkan Redmi 6A menggunakan MediaTek Helio A22 sebagai dapur pacu. Kapasitas RAM Redmi 6 versi reguler pun lebih unggul dengan tersedianya dua varian yakni RAM 3GB dan 4GB dengan masing-masing memori internal 32 dan 64 GB.

Baca juga: Alasan Xiaomi Pakai Prosesor MediaTek di Redmi 6 dan 6A

Redmi 6 memiliki kamera ganda terpatri pada bagian belakang. Kamera tersebut diposisikan dengan konfigurasi horizontal pada bagian pinggir.

Kamera tersebut mengusung lensa sebesar 12 megapiksel dan 5 megapiksel. Sedangkan pada bagian depan tersemat kamera selfie 5 megapiksel.

Berbeda dengan kakaknya, Redmi 6A hanya memasang satu kamera belakang dan satu kamera depan dengan sensor 13 megapiksel dan 5 megapiksel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com