Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Fitur Baru WhatsApp untuk Pengguna iPhone

Kompas.com - 05/09/2018, 14:47 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Layanan pesan instan terpopuler sejagat, WhatsApp kini merilis dua fitur khusus untuk pengguna iPhone. Kedua fitur ini digulirkan lewat pembaruan software kepada para pengguna secara bertahap.

Menurut laporan WABetaInfo, karena pembaruan yang dilakukan secara bertahap maka baru segelintir pengguna iPhone yang bisa merasakan dua fitur anyar ini. Namun diperkirakan kedua fitur ini akan dapat dinikmati oleh seluruh pengguna iPhone dalam beberapa waktu ke depan.

Fitur pertama yang digulirkan adalah fungsi preview pada notifikasi pesan. Fitur preview ini berguna untuk melihat pesan berupa gambar atau GIF yang diterima oleh pengguna.

Selama ini ketika pengguna WhatsApp menerima pesan berupa media gambar maupun GIF, notifikasi yang muncul hanya menunjukkan simbol kamera sebagai tanda.

Dengan adanya fitur ini pengguna dapat lebih mudah melihat gambar apa yang dikirim pengguna lain padanya dan kemudian memutuskan untuk membukanya atau tidak.

Salah satu fitur baru WhatsApp khusus untuk pengguna iPhone adalah adanya preview notifikasi pesan gambar. WABetaInfo Salah satu fitur baru WhatsApp khusus untuk pengguna iPhone adalah adanya preview notifikasi pesan gambar.

Dikutip KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (5/9/2018), fitur ini hanya terbatas untuk pengguna iOS 10 dan di atasnya. Kemudian, rilis ini akan dilakukan bertahap dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga: Telepon Disadap dan Chat di WhatsApp Dipantau Pemerintah, Hoaks atau Fakta?

Untuk memastikan apakah pengguna telah menerima fitur ini atau belum, caranya cukup mudah. Pengguna tinggal meminta rekan untuk mencoba mengirim pesan berupa gambar maupun GIF.

Kemudian pada bilah notifikasi yang muncul, sentuh dan gulirkan ke bawah. Jika pesan gambar tersebut bisa Anda lihat, artinya WhatsApp yang Anda gunakan sudah diperbarui dengan fitur tersebut.

Fitur kedua yang hadir adalah pemberitahuan keamanan link atau tautan yang dikirim lewat WhatsApp. Dengan fitur ini pengguna bisa meninjau apakah tautan alias link yang dikirim kepada pengguna berbahaya atau tidak.

Ketika pengguna mendapat pesan berisi link berbahaya, akan terdapat keterangan berwarna merah dan bertuliskan "suspicious link" di atas tautan yang dibagikan. Fitur ini juga diharapkan dapat membatasi penyebaran berita palsu yang kerap disebar lewat tautan yang berbahaya.

Fitur baru WhatsApp pada iPhone yang dapat mengidentifikasi tautan berbahaya. WABetaInfo Fitur baru WhatsApp pada iPhone yang dapat mengidentifikasi tautan berbahaya.

Khusus untuk fitur ini, pengguna iPhone lawas seperti iPhone 4 pun masih bisa menikmatinya. Pasalnya Apple merilis fitur tersebut untuk pengguna iOS 7 dan di atasnya.

Kendati demikian belum ada dapat dipastikan apakah kedua fitur ini nantinya akan dibawa untuk pengguna Android atau tidak. Namun biasanya, WhatsApp selalu memberikan fitur baru yang sama pada dua sistem operasi ini. Hanya saja waktunya yang belum dapat dipastikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com