2 Fitur Baru WhatsApp untuk Pengguna iPhone

Kompas.com - 05/09/2018, 14:47 WIB
Logo WhatsApp. Logo WhatsApp.

KOMPAS.com - Layanan pesan instan terpopuler sejagat, WhatsApp kini merilis dua fitur khusus untuk pengguna iPhone. Kedua fitur ini digulirkan lewat pembaruan software kepada para pengguna secara bertahap.

Menurut laporan WABetaInfo, karena pembaruan yang dilakukan secara bertahap maka baru segelintir pengguna iPhone yang bisa merasakan dua fitur anyar ini. Namun diperkirakan kedua fitur ini akan dapat dinikmati oleh seluruh pengguna iPhone dalam beberapa waktu ke depan.

Fitur pertama yang digulirkan adalah fungsi preview pada notifikasi pesan. Fitur preview ini berguna untuk melihat pesan berupa gambar atau GIF yang diterima oleh pengguna.

Selama ini ketika pengguna WhatsApp menerima pesan berupa media gambar maupun GIF, notifikasi yang muncul hanya menunjukkan simbol kamera sebagai tanda.

Dengan adanya fitur ini pengguna dapat lebih mudah melihat gambar apa yang dikirim pengguna lain padanya dan kemudian memutuskan untuk membukanya atau tidak.

Salah satu fitur baru WhatsApp khusus untuk pengguna iPhone adalah adanya preview notifikasi pesan gambar. WABetaInfo Salah satu fitur baru WhatsApp khusus untuk pengguna iPhone adalah adanya preview notifikasi pesan gambar.

Dikutip KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (5/9/2018), fitur ini hanya terbatas untuk pengguna iOS 10 dan di atasnya. Kemudian, rilis ini akan dilakukan bertahap dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga: Telepon Disadap dan Chat di WhatsApp Dipantau Pemerintah, Hoaks atau Fakta?

Untuk memastikan apakah pengguna telah menerima fitur ini atau belum, caranya cukup mudah. Pengguna tinggal meminta rekan untuk mencoba mengirim pesan berupa gambar maupun GIF.

Kemudian pada bilah notifikasi yang muncul, sentuh dan gulirkan ke bawah. Jika pesan gambar tersebut bisa Anda lihat, artinya WhatsApp yang Anda gunakan sudah diperbarui dengan fitur tersebut.

Fitur kedua yang hadir adalah pemberitahuan keamanan link atau tautan yang dikirim lewat WhatsApp. Dengan fitur ini pengguna bisa meninjau apakah tautan alias link yang dikirim kepada pengguna berbahaya atau tidak.

Ketika pengguna mendapat pesan berisi link berbahaya, akan terdapat keterangan berwarna merah dan bertuliskan "suspicious link" di atas tautan yang dibagikan. Fitur ini juga diharapkan dapat membatasi penyebaran berita palsu yang kerap disebar lewat tautan yang berbahaya.

Fitur baru WhatsApp pada iPhone yang dapat mengidentifikasi tautan berbahaya. WABetaInfo Fitur baru WhatsApp pada iPhone yang dapat mengidentifikasi tautan berbahaya.

Khusus untuk fitur ini, pengguna iPhone lawas seperti iPhone 4 pun masih bisa menikmatinya. Pasalnya Apple merilis fitur tersebut untuk pengguna iOS 7 dan di atasnya.

Kendati demikian belum ada dapat dipastikan apakah kedua fitur ini nantinya akan dibawa untuk pengguna Android atau tidak. Namun biasanya, WhatsApp selalu memberikan fitur baru yang sama pada dua sistem operasi ini. Hanya saja waktunya yang belum dapat dipastikan.



Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X