Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

EOS R Resmi Meluncur, Mirrorless Full Frame Pertama Canon

Kompas.com - 05/09/2018, 16:50 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Canon akhirnya meluncurkan kamera mirrorless full-frame pertamanya yakni EOS R. Peluncuran ini hanya terpaut beberapa pekan saja dengan kompetitor senegaranya, Nikon yang merilis duo mirrorless full-frame Z6 dan Z7 pertengahan Agustus lalu.

EOS R dibekali sensor CMOS 30,3 megapiksel sensor full-frame dengan rentang ISO 100-40.000. Sensornya menggunakan dual-pixel autofocus untuk mengunci fokus lebih tepat dan dipadukan dengan prosesor gambar Canon DIGIC 8.

Terdapat panel layar sentuh OLED yang juga berfungsi sebagai jendela bidik (Live View) dalam menangkap objek dan sebuah panel berisi informasi yang terletak di sisi atas kamera.

Dari fisiknya, EOS R terlihat mirip dengan kamera DSLR versi lebih ramping. Meski begitu, semua lensa memiliki tombol kontrol khusus dan juga tombol untuk zooming dan fokus manual.

Kontrol ini memungkinkan pengguna mengatur aperture atau bukaan lensa, dari bodi lensa itu sendiri. Terdapat pula tombol kontrol geser di bagian belakang kamera untuk memilih fitur lain.

Canon EOS R meluncur ditemani empat pilihan fokal lensa, yakni 24-105 mm L bukaan f/4, 50 mm L bukaan f/1.2, dan 28-70 mm L bukaan f/2, serta lensa fixed 35 mm bukaan f/1.8 makro. Canon juga merilis tiga pasang adaptor lensa untuk SLR EOS. Salah satunya adalah ring kontrol dan sisanya bisa digunakan bersamaan dengan drop-in filter.

Baca juga: Nikon Umumkan Kamera Mirrorless “Full Frame” Z6 dan Z7

Fitur lain yang dimiliki Canon EOS R antara lain Dual Pixel AF dengan 5.655 titik fokus yang bisa dipilih, dengan cakupan 88 persen vertikal dan 100 persen horisontal. Eos R juga memiliki settinge xposure hingga -6EV.

Kamera ini memiliki ISO natif 100-400.000 yang bisa diekspansi lagi menjadi 50-102.400. EOS R mendukung format RAW Canon 14-bit CRW dan C-Raw yang baru yang memiliki ukuran file lebih kecil. 

Shutter speed terkencang yang bisa dijangkau EOS R adalag 1/8000 detik dengan X-sync speed 1/200 detik.

Terdapat juga fitur 'Silent LV Shooting mode' yang memotret dengan senyap, memanfaatkan shutter elektronik kamera.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (5/9/2018), Canon EOS R dibanderol 2.299 dollar AS (sekitar Rp 34,5 jutaan) untuk bodi saja atau 3.399 dollar AS (sekitar Rp 51 jutaan) dengan lensa 24-105 mm.

Kamera mirrorless full frame Canon EOS R mulai bisa dipesan pada 12 September dan akan tersedia di pasaran mulai Oktober.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com