Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sertifikasi Ungkap Nokia 9 Punya 3 Varian

Kompas.com - 06/09/2018, 07:48 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nokia dikabarkan tengah bersiap meluncurkan flagship baru. Rumor ini muncul setelah situs sertifikasi China memampang sertifikat perangkat dengan nomor model TA-1131. Model itu disebut-sebut sebagai bakal Nokia 9.

Sertifikasi ini memperkuat bocoran sebelumnya. Situs sertifikasi Rusia, Eurasian Economic Commission (EEC), juga pernah memajang dua nomor model perangkat dengan kode TA-1119 dan TA-1087.

Keduanya juga disinyalir merupakan varian dari Nokia 9, sehingga total menjadi tiga varian. Tidak dijelaskan apa beda dari masing-masing versi itu, kemungkinan ukuran layar.

Bocoran sertifikasi Nokia 9 di situs ChinaGSM Arena Bocoran sertifikasi Nokia 9 di situs China
Meski HMD Global, selaku pemegang lisensi Nokia belum meberikan konfirmasi apa pun, sejumlah kabar sudah beredar tentang flagship baru Nokia yang mengusung layar "notch" dan sensor pemindai jari dalam layar.

Baca juga: Nokia 9 Disebut Punya 3 Kamera Belakang, Saingi Huawei P20 Pro?

Dari bocoran konsep yang bersliweran, Nokia 9 akan mengusung layar berbentang 6,1 inci dengan bingkai sangat tipis. Di bagian bawah masih tersisa dagu untuk menempatkan logo "Nokia" di pojok kanan bawah.

Sebelumnya beredar kabar jika HMD akan meluncurkan Nokia 9 pada bulan Agustus lalu, namun hingga bulan berganti, ponsel tersebut belum juga diluncurkan.

Salah satu fitur andalan Nokia 9 yang banyak dinantikan adalah penta-lens alias lima lensa. Tiga lensa akan tersusun di bagian punggung dengan masing-masing resolusi 41 megapiksel untuk lensa utama, didukung dengan OIS, lensa wide dan dual-aperture f/1,5 ke f/2,4.

Konfigurasi lensa kedua adalah 20 megapiksel lensa telefoto, dan ketiga memiliki resolusi 9,7 megapiksel sensor monokrom. Dua lensa sisanya akan terpasang di depan, namun belum ada informasi lain soal konfigurasi modul kamera depannya.

Nokia 9 disebut akan diotaki chip Snapdragon 845, dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan 256 GB. Selain itu, Nokia 9 juga akan mumpuni untuk pengisian daya cepat dengan daya 18W.

Baca juga: Nokia 9 Meluncur 21 Agustus?

Dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now, Kamis (6/9/2018), HMD kabarnya tetap akan meluncurkan Nokia 9 tahun ini meski belum diketahui kapan jadwal pastinya. Mengingat sudah masuk sertifikasi, biasanya peluncurannya tidak akan lama lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com