Instagram Siapkan IG Shopping, Aplikasi Khusus Jual-Beli Online?

Kompas.com - 06/09/2018, 09:31 WIB

KOMPAS.com - Setelah merilis IGTV, Instagram dikabarkan kembali menggarap sebuah aplikasi mandiri. Kabarnya aplikasi ini dibuat untuk para pengguna yang gemar jual-beli secara online.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (6/9/2018), aplikasi tersebut diperkirakan bernama IG Shopping dan masih berada dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu belum dapat dipastikan kapan aplikasi ini akan dirilis bahkan masih ada kemungkinan pengembangan ini akan dihentikan.

Namun menurut sumber terdekat yang enggan disebutkan identitasnya, Instagram sendiri meyakini aplikasi ini akan jadi ekspansi besar untuk mulai bergelut dalam persaingan e-commerce secara global.

Memang, Instagram pantas untuk percaya diri. Pasalnya menurut Facebook Chief Operating Officer, Sheryl Sandberg, saat ini ada sekitar lebih dari 25 juta bisnis yang memiliki akun instagram. Sebanyak 2 juta di antaranya adalah para pengiklan.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Harus Ganti Password Instagram Sekarang

Menurut sumber tersebut lewat aplikasi ini pengguna bisa mengeksplorasi barang-barang milik akun merchant yang mereka ikuti dan membayar langsung lewat aplikasi. Kendati demikian pihak Instagram belum memberi keterangan resminya terkait kabar ini.

Saat ini bagi Instagram, membuat aplikasi jual-beli yang berdiri sendiri memang merupakan sebuah peluang besar. Sebagaimana kita tahu penggunaan Instagram yang awalnya sekadar media sosial untuk berbagi foto beralih menjadi layaknya katalog online untuk para penjual.

Dengan adanya aplikasi ini artinya Instagram akan memiliki sebuah wadah khusus bagi para pelaku e-commerce dan tentu saja dapat meningkatkan pendapatan Instagram itu sendiri.

Instagram sendiri sejatinya sudah mulai melakukan uji coba fitur belanja pada November 2016 silam. Kala itu fitur tag harga diuji pada platform ini.

Pengembangan ini sejatinya sudah lebih dulu dilakukan oleh Facebook. Platform media sosial yang juga induk dari Instagram ini menyediakan tempat atau fitur jual-beli bagi para pengguna yang ingin berjualan secara online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.