Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Jepang, Menkominfo Cari Investor bagi Startup Indonesia

Kompas.com - 06/09/2018, 13:51 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak pemodal ventura (venture capital) dari Jepang untuk berbondong-bondong melirik potensi Unicorn Indonesia dan membuat mereka menanamkan modal ke startup digital di Indonesia.

"Saya mengundang seluruh tier 1 VC's Jepang untuk hadir dan berpartisipasi pada Nexticorn Summit 13-14 Oktober di Bali," ajak Rudiantara dalam Nexticorn Excellency Dinner di Mercedes Me Tokyo, Jepang, Rabu (05/09/2018).

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rudiantara menyebut pemodal ventura akan dapat bertemu dengan pemilik startup digital potensial yang telah terkurasi untuk diberikan pendanaan.

"Nexticorn ini peluang bagi Anda para pemodal yang ingin berinvestasi di Indonesia tetapi tidak tahu startup mana yang potensial. Pemerintah Indonesia memfasilitasi dengan menyiapkan startup digital potensial yang telah dikurasi untuk mendapatkan pendanaan," kata Rudiantara.

Baca juga: 2020, Indonesia Targetkan Punya 44 Startup Unicorn, Ini Daftarnya

Dalam lawatan itu, Menteri Rudiantara didampingi oleh perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Tokyo serta Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO & Digital Economy, Lis Sutjiati.

Pertemuan dengan VC ke Tokyo, Jepang kali ini mengagendakan secara khusus pertemuan dengan venture capital untuk menginvestasikan pendanaan bagi startup digital di Indonesia.

"Menteri Kominfo bertemu dengan CEO SoftBank, Masayoshi San, salah satu kampiun dalam venture capital global," kata Lis Sutjiati.

Pertemuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan Program NextIcorn kepada Venture Capital (VC) Jepang dihadiri 26 VC terkemuka dari berbagai wilayah di Jepang.

Baca juga: Fokus Kominfo 2019, dari Infrastruktur Telekomunikasi hingga Ekosistem Startup

Turut hadir dalam pertemuan ini yaitu Dubes RI Tokyo, Italo Gani, Donald Wiharja dan Rudy Ramawi dari Board NextIcorn, serta perwakilan lima startup digital Indonesia, yaitu Koinworks, SalesStock, HarukaEdu, Snapcart, dan TaraLite.

Dari sesi jejaring selama makan malam, hampir semua VC yang hadir menyatakan mereka tidak akan melewatkan kesempatan untuk bertemu startup- startup hebat Indonesia di NextICorn Digital Paradise Weekend di Bali, 13-14 Oktober 2018 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com