“Mode Gelap” YouTube Sudah Tersedia di Semua Perangkat Android

Kompas.com - 06/09/2018, 14:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Awal tahun ini Google mengumumkan bakal menambah opsi tampilan serba gelap bernama “Dark Mode” untuk aplikasi YouTube di Platform Android dan iOS.  

Para pengguna iPhone (iOS) lebih dulu mendapat fitur dimaksud, lalu Android mulai menyusul sekitar akhir Juli lalu, namun penyebarannya masih belum merata.

Kini, Dark Mode YouTube sudah bisa dipakai di semua perangkat Android, termasuk untuk pengguna di Indonesia. Setelah update ke versi 13.35.51, sebuah pesan akan muncul begitu YouTube dibuka. Dark Mode bisa langsung diaktifkan dari prompt ini.

Dark Mode juga bisa diaktifkan secara manual dengan cara membuka menu Settings > General, lalu mengaktifkan toggle di samping pilihan berbunyi “Dark theme”.

Sayang, belum tentu itu yang terjadi. Ketika KompasTekno coba menjajalnya, YouTube tidak menampilkan prompt untuk mengaktifkan mode gelap. Namun, pilihan “Dark theme” sudah ada di dalam menu Settings.

Toggle Dark theme di dalam menu settings YouTube.Android Police Toggle Dark theme di dalam menu settings YouTube.
Sebagian pengguna lain melaporkan belum sama sekali mendapati fitur baru ini. Laporan Android Police yang dirangkum KompasTekno, Kamis (6/9/2018) menyebutkan bahwa penyebaran mode gelap YouTube ke perangkat Android memang masih tersendat. 

Beberapa pengguna bisa memunculkan opsi Dark Mode dengan menutup lalu membuka kembali aplikasi YouTube di ponsel.

Cara lainnya yang disarankan adalah dengan membersihkan data (clear storage dan cache) aplikasi YouTube di ponsel terlebih dahulu.

Dark Mode YouTube kini sudah menyebar ke platform mobile dan desktop (web). 

Tampilannya yang serba hitam dimaksudkan agar pengguna tidak silau dan lebih nyaman ketika menelusuri YouTube dalam kondisi gelap misalnya malam hari. Mode ini juga bisa digunakan untuk sekadar mendapat tampilan berbeda. 

Baca juga: Menkominfo: Insiden Salah Blokir YouTube Cuma Satu Hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.