Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Mode Gelap” YouTube Sudah Tersedia di Semua Perangkat Android

Kompas.com - 06/09/2018, 14:05 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal tahun ini Google mengumumkan bakal menambah opsi tampilan serba gelap bernama “Dark Mode” untuk aplikasi YouTube di Platform Android dan iOS.  

Para pengguna iPhone (iOS) lebih dulu mendapat fitur dimaksud, lalu Android mulai menyusul sekitar akhir Juli lalu, namun penyebarannya masih belum merata.

Kini, Dark Mode YouTube sudah bisa dipakai di semua perangkat Android, termasuk untuk pengguna di Indonesia. Setelah update ke versi 13.35.51, sebuah pesan akan muncul begitu YouTube dibuka. Dark Mode bisa langsung diaktifkan dari prompt ini.

Dark Mode juga bisa diaktifkan secara manual dengan cara membuka menu Settings > General, lalu mengaktifkan toggle di samping pilihan berbunyi “Dark theme”.

Sayang, belum tentu itu yang terjadi. Ketika KompasTekno coba menjajalnya, YouTube tidak menampilkan prompt untuk mengaktifkan mode gelap. Namun, pilihan “Dark theme” sudah ada di dalam menu Settings.

Toggle Dark theme di dalam menu settings YouTube.Android Police Toggle Dark theme di dalam menu settings YouTube.
Sebagian pengguna lain melaporkan belum sama sekali mendapati fitur baru ini. Laporan Android Police yang dirangkum KompasTekno, Kamis (6/9/2018) menyebutkan bahwa penyebaran mode gelap YouTube ke perangkat Android memang masih tersendat. 

Beberapa pengguna bisa memunculkan opsi Dark Mode dengan menutup lalu membuka kembali aplikasi YouTube di ponsel.

Cara lainnya yang disarankan adalah dengan membersihkan data (clear storage dan cache) aplikasi YouTube di ponsel terlebih dahulu.

Dark Mode YouTube kini sudah menyebar ke platform mobile dan desktop (web). 

Tampilannya yang serba hitam dimaksudkan agar pengguna tidak silau dan lebih nyaman ketika menelusuri YouTube dalam kondisi gelap misalnya malam hari. Mode ini juga bisa digunakan untuk sekadar mendapat tampilan berbeda. 

Baca juga: Menkominfo: Insiden Salah Blokir YouTube Cuma Satu Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com