Pengumuman Penting bagi Pemilik Galaxy Note 5 dan S6 Edge Plus

Kompas.com - 06/09/2018, 19:48 WIB
Samsung Galaxy Note 5 (kiri) dan Samsung Galaxy S6 Edge Plus. Oik Yusuf/KompasTeknoSamsung Galaxy Note 5 (kiri) dan Samsung Galaxy S6 Edge Plus.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Samsung mulai meninggalkan perangkat-perangkat smartphone flagship lawas bikinannya. Terakhir, Galaxy S6 Edge Plus dan Galaxy Note 5 keluaran 2015 didepak dari daftar penerima update sekuriti Android bulanan.

Hal tersebut diketahui setelah nama Galaxy S6 Edge Plus dan Galaxy Note 5 tak lagi ditemukan dalam daftar yang dimuat dalam situs resmi Samsung itu. 

Dengan demikian, kedua perangkat tak akan lagi mendapat security patch bulanan. Update sekuriti terakhir Galaxy S6 Edge Plus dan Note 5 adalah untuk bulan Agustus 2018 yang dirilis beberapa pekan lalu.

Galaxy S6 Edge Plus dan Note 5 menyusul nasib Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge yang telah lebih dulu tak menerima update lagi mulai Maret tahun ini.

Baca juga: Ini Jadwal Update Android Oreo untuk Ponsel Menengah Samsung

Samsung sendiri memang hanya menjanjikan dukungan software selama dua tahun. Jadi, tak mengherankan jika Galaxy S6 Edge Plus dan Note 5 yang sudah berumur tiga tahun mengalami penyetopan update. Dua flagship tua tersebut sudah mendapat "perpanjangan nafas" selama setahun. 

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamMobile, Kamis (6/9/2018), masih terbuka kemungkinan Galaxy S6 Edge Plus dan Note 5 menerima patch kalau ditemukan celah keamanan kritis yang butuh segera ditambal. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, update macam itu agaknya bersifat case by case, sehingga tidak disalurkan secara rutin, hanya kalau perlu saja. Itu pun kalau ada. Soal update fitur baru juga tidak akan muncul, karena waktu Galaxy S6 Edge Plus dan Note 5 untuk menerima pembaruan fitur sudah lama lewat. 

Perangkat flagship lain dari Samsung yang lebih baru dari Galaxy S6 Edge Plus dan Note 5, berikut beberapa model papan tengah, masih akan mendapat update sekuriti bulanan. Selengkapnya bisa dilihat di laman berikut ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber SamMobile
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.