5 Konten Seru di IGTV Setelah 90 Hari Diluncurkan

Kompas.com - 07/09/2018, 14:53 WIB
Aplikasi IGTV bisa unggah video hingga 1 jam.Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Aplikasi IGTV bisa unggah video hingga 1 jam.

KOMPAS.com - Bulan Juni lalu, Instagram meluncurkan fitur IGTV, di mana pengguna bisa mengunggah video dengan lama durasi hingga satu jam. Fitur ini menjadi lahan baru bagi para kreator untuk membuat konten lebih menarik dibanding Instagram Story yang hanya berdurasi singkat.

Baru 90 hari pasca dirilis, sudah banyak konten-konten yang bermunculan di IGTV. Instagram merangkum lima konten paling favorit di Indonesia yang banyak menarik viewers.

1. Hiburan

Selain banyak diminati di Feed Instagram, konten hiburan juga diminati para penonton IGTV.
Beberapa konten ringan berisi komik, komedi, musik, kuliner dan lainnya, adalah yang paling mencuri perhatian.

Dua contoh video konten hiburan yang banyak ditonton adalah video dari artis peran Nana Mirdad (@nanamirdad_) dan Michelle Hendra (@michimomo).

Dalam videonya, Nana Mirdad menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan follower-nya tentang apakah putrinya, Sarah bisa berbicara dalam Bahasa Indonesia. Video ini , https://www.instagram.com/tv/Bk9BkTCgJOJ/, ditonton sebanyak 175.000 kali dengan 305 komentar dan 3.525 penyuka.

Video kedua adalah video mukbang atau makan besar yang dilakukan Michimomo. Diunggah 31 Juli, video ini, https://www.instagram.com/tv/Bl5IniFHIcm/ telah ditonton sebanyak 7.850 kali dan disukai oleh 256 akun.

2. Tips & Trick

Selain hiburan, konten tips dan trik juga banyak ditonton pemirsa IGTV. Penonton banyak mencari inspirasi yang bisa diterapkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti pada video akun @dekoruma yang membagikan tips menata kamar kos cewek berikut. Video ini berhasil menarik 10.563 kali tayangan.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh dekoruma.com (@dekoruma) pada 1 Agu 2018 jam 5:41 PDT


Ada juga video tutorial make up yang diperagakan Nana Mirdad melalui akunnya. Video ini telah ditonton 137.000 kali. Tak hanya tutorial make up saja, tutorial memasak juga laris dikunjungi.

Salah satunya adalah video tutorial memasak nasi bistik ayam oleh akun @cookingwithsheila. Tidak hanya mengundang selera, video ini berhasil mengundang 41.649 penayangan.

3. Gaya Hidup

Para kreator yang kerap menampilkan tempat-tempat kekinian, liburan, dan seputar kesehatan juga sukses menarik banyak pemirsa. Seperti video IGTV vlogger dan blogger Jennifer Bachdim yang seringkali mengunggah video keseharian keluarganya, seperti saat berwisata atau berolahraga di akun @jenniferbachdim.

Salah satunya adalah video berjudul #teamBachdim Workout yang ditonton 31.757 kali.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jennifer Bachdim (@jenniferbachdim) pada 25 Jun 2018 jam 11:50 PDT


Ada pula selebgram Lula Lahfah ketika ia mengunggah video berjudul "Sunset on a Cliff". Video ini telah ditonton hampir 50.000 kali.

Baca juga: Instagram Luncurkan IGTV, Platform Video Vertikal Durasi Panjang

4. Informasi Terkini

Konten visual memang sedang digemari. Banyak media online yang merambah konten video untuk memperluas jangkauan pembaca. Sebelum muncul IGTV, format video yang banyak diunggah adalah video grafis singkat yang menyesuaikan durasi maksimal Feed video Instagram atau Story.

Namun dengan durasi 1 jam di IGTV, pewarta bisa mengeksplorasi lebih jauh isu yang di bahas serta mengemas informasi terkini lebih menarik.

Seperti #LiveReport yang diunggah Kompas.com (@kompascom) untuk membahas masalah kali item menjelang perhelatan Asian Games beberapa waktu lalu. Video tersebut ditonton lebih dari 33.000 kali.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom) pada 26 Jul 2018 jam 3:36 PDT

Beberapa media lain seperti Liputan6.com, Kapanlagi.com, dan IDN Times juga mengunggah konten video berita berdurasi panjang.

5. Bisnis

Konten bisnis menjadi konten kelima yang paling mengundang penonton. Menariknya, brand yang memasarkan bisnisnya dengan cara membagikan cerita dan nilai di balik brand mereka dengan konsep unik, cenderung lebih menarik pemirsa IGTV. Seperti yang diunggah akum Grab Indonesia (@grabid) berikut ini.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Grab Indonesia (@grabid) pada 30 Jul 2018 jam 9:50 PDT

Brand lain seperti Cotton Ink dan Erigo Store yang menggandeng artis kenamaan Adipati Dolken, Raisa, dan Dian Sastrowardoyo, juga meraup banyak penonton IGTV.

Baca juga: 6 Perbedaan Nonton Video di IGTV dan YouTube



Close Ads X