Twitter Akhirnya Bungkam Tokoh Kontroversial Alex Jones

Kompas.com - 07/09/2018, 15:44 WIB
Alex Jones dalam sebuah protes di Dallas, AS, tahun 2014. Sean P. Anderson/ WikimediaAlex Jones dalam sebuah protes di Dallas, AS, tahun 2014.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Setelah sempat “menjewer” Alex Jones lewat menonaktifkan akun selama seminggu pada Agustus lalu, pekan ini Twitter akhirnya menjatuhkan hukuman lebih berat kepada sang tokoh kontroversial itu dengan memblokir dia secara permanen.

Akun  milik Jones dengan handle @realalexjones telah ditutup dari layanan Twitter dan Periscope. Begitu juga dengan akun situs media eksrim kanan @infowars yang dimiliki oleh Jones. Keduanya hanya menampilkan pesan berbunyi “account suspended” ketika dibuka.

Pihak Twitter menyatakan telah memutuskan untuk menendang Jones dikarenakan oleh kelakuannya selama inii. 

“Kami mengambil tindakan berdasar laporan tweet dan video yang diunggah kemarin, yang melanggar kebijakan terkait perilaku kasar, di samping pelanggaran-pelanggaran sebelumnya,” tulis Twitter, dalam sebuah kicauan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Jumat (7/9/2018).

Langkah Twitter ini mengikuti sejumlah pengelola media sosial dan perusahaan teknologi lain, yakni Facebook, YouTube, dan Apple yang telah lebih dulu kompak memblokir Jones berikut Infowars pada awal Agustus. 

Baca juga: Diblokir Apple dan Google, Aplikasi Alex Jones Malah Laris

Ketika itu Jones mencak-mencak memprotes pemblokiran dirinya lewat Twitter, karena memang belum diblokir dari Twitter yang merasa Jones belum melanggar peraturan. 

Twitter sempat banyak didesak oleh penggunanya untuk memblokir Jones, lalu memberi hukuman berupa penonaktifan selama sepekan. CEO Jack Dorsey mengatakan kelakuan Jones akan dimonitor untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya. 

Kemudian, datanglah hukuman yang lebih berat dari Twitter berupa pemblokiran permanen ini. Pengikut Jones dan Infowars yang jumlahnya mencapai 1,5 juta pun tak bisa lagi menyimak aneka ocehan sang tokoh kontroversial itu.  

Di Amerika Serikat, Alex Jones yang dekat dengan Presiden Donald Trump dikenal sebagai figur ekstrim kanan yang dinilai banyak menebar hasutan, fitnah, hingga teori konsporasi tak berdasar.

Baca juga: Facebook, YouTube, dan Apple Kompak Blokir Alex Jones, Siapa Dia?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X