Dapat Update, “Poni” Nokia 6.1 Jadi Tak Bisa Dihilangkan

Kompas.com - 07/09/2018, 17:25 WIB
Nokia 6.1 PlusKOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Nokia 6.1 Plus

KOMPAS.com - Setelah melenggang di China, HMD Global merilis versi internasional dari Nokia X6 dengan nama Nokia 6.1 Plus. Perangkat tersebut merupakan ponsel Nokia pertama yang memilki layar berponi kekinian. 

Bagian “poni” alias notch itu bisa dsembunyikan lewat opsi khusus yang tersedua dalam menu settings. Namun, lewat sebuah update kecil yang disalurkan belakangan ini, HMD Global dilaporkan menghilangkan opsi untuk menyembunyikan notch

Jadilah para pemilik Nokia 6.1 Plus tak bisa menghilangkan poni yang  kehadirannya kadang bisa dirasakan mengganggu, misalnya ketika menonton video full screen.  

Lenyapnya opsi menyembunyikan notch pada update terbaru Nokia 6.1 Plus bulan Agustus tersebut awalnya sempat dikira sebagai “bug” belaka. Sejumlah pengguna Nokia 6.1 Pluspun mengajukan komplain di internet.

Namun, dalam sebuah diskusi di forum online Nokia, seorang moderator mengatakan bahwa penghapusan opsi untuk menyembunyikan notch bukanlah bug, melainkan permintaan khusus dari Google selaku empunya platform Android.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Nokia 6.1 Plus di Indonesia

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (7/9/2018), Nokia 6.1 Plus  yang memiliki layar sebelar 5,8 inci memang merupakan bagian dari program Android One. Selain dijamin mendapat update rutin dari Google, aspek sistem operasinya pun berada di bawah kendali sang raksasa internet itu.

Sistem operasi Nokia 6.1 Plus masih menggunakan Android 8.1 Oreo, bukan Android 9 Pie terbaru yang sudah mendukung notch. Jadi masih ada kemungkinan opsi untuk menyembunyikan notch bakal dimunculkan lagi dalam update besar yang akan datang.

Nokia 6.1 Plus baru saja diluncurkan di pasaran Indonesia pekan ini. Ponsel berbanderol Rp 3,4 juta tersebut dibekali chip Snapdragon 636, RAM 4 GB, storage 64 GB dengan dukungan microSD hingga 400 GB, baterai 3.060 mAh, serta kamera ganda 16 megapiksel dan 5 megapiksel di punggung, berikut kamera depan 16 megapiksel.



Close Ads X