Cara Mengubah Tampilan YouTube Jadi Hitam

Kompas.com - 07/09/2018, 19:08 WIB
Logo YouTube. Reska K. Nistanto/Kompas.comLogo YouTube.

KOMPAS.com - Google telah menambah serangkaian fitur untuk para pengguna YouTube. Yang terakhir, raksasa mesin pencari ini menambah tema gelap atau Dark Mode untuk aplikasi YouTube di iOS dan Android.

Pada mulanya khusus untuk Android, penyebaran fitur ini masih belum merata. Masih ada sebagaian pengguna di wilayah tertentu yang masih belum dapat menemukan fitur ini.

Namun kini, fitur Dark Mode di aplikasi YouTube sudah disebar merata pada semua perangkat Android, termasuk di Indonesia.

Cara untuk menggunakan fitur ini sangat mudah. Pertama-tama pengguna harus melakukan pembaruan aplikasi YouTube lewat Google Play Store. Versi yang kompatibel dengan mode ini adalah 13.35.51.

Jika sudah melakukan update, Anda bisa masuk ke aplikasi YouTube kemudian mengklik ikon atau foto profil Anda di bagian kanan atas. Setelah itu Anda akan menemukan beberapa pilihan.

Baca juga: “Mode Gelap” YouTube Sudah Tersedia di Semua Perangkat Android

Pilih opsi Settings, kemudian masuk pada pilihan General. Di sana Anda akan menemukan beberapa toggle yang dapat diaktifkan.

Untuk pilihan aktivasi Dark Mode, toggle tersebut berada di antara pilihan "remind me to take a break dan "limit mobile data usage". Anda bisa mengaktifkan mode gelap lewat toggle "Dark theme" tersebut.

Mode gelap alias Dark theme di YouTube sudah bisa digunakan semua pengguna Android. Slash Gear Mode gelap alias Dark theme di YouTube sudah bisa digunakan semua pengguna Android.

Dikutip KompasTekno dari Slash Gear, Jumat (7/9/2018), jika pilihan ini belum ada, artinya ada dua kemungkinan penyebab.

Yang pertama Anda belum mengupdate aplikasi YouTube Android ke versi terbaru. Kemungkinan kedua, akun yang Anda gunakan memang belum mendapat fitur ini.

Memang menurut laporan Android Police yang dirangkum KompasTekno, Kamis (6/9/2018) kemarin disebutkan bahwa penyebaran fitur mode gelap YouTube ke perangkat Android memang sedikit tersendat.

Beberapa pengguna melaporkan bisa menemukan opsi ini setelah menutup lalu membuka kembali aplikasi YouTube di ponsel. Sebagian lainnya mengatakan bisa menemukan fitur ini setelah membersihkan data (clear storage dan cache) di aplikasi YouTube terlebih dahulu.

Tapi tenang saja, tidak akan lama lagi fitur tersebut akan hadir pada akun Anda. Pasalnya Google telah memastikan penyebaran fitur ini untuk semua pengguna aplikasi YouTube di platform Android.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Slash Gear
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X