Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek Siapkan "Face ID" ala iPhone X untuk Android Murah

Kompas.com - 08/09/2018, 06:52 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Teknologi pengenal wajah Face ID yang tersemat di iPhone X, disebut sukses memikat konsumen meski membuat harga perangkat menjadi mahal.

Di segmen Android, baru beberapa vendor yang berani memasang teknologi yang disebut 3D Structured-Light itu dan tentu saja dijual dengan harga premium, seperti Xiaomi Mi 8 dan Oppo Find X.

Patokan harga yang tinggi tentu mengikuti biaya produksi komponennya yang juga tidak murah. Agaknya, MediaTek, chip prosesor yang umum digunakan smartphone Android level menengah, akan membumikan teknologi ala Face ID iPhone X di ekosistem Android.

Dengan demikian, ada kemungkinan ponsel ramah kantong juga bisa menikmati fitur tersebut ke depannya. Teknologi itu bernama "Active Stereo Depth" yang disebut akan kompatibel dengan chip Helio P60 dan Helilo P22.

Di perangkat yang sudah ada, Helio P60 mengotaki Oppo F9 dan Helio P22 mengotaki Redmi 6. Namun perlu diperhatikan, jika MediaTek tidak akan memboyong semua sensor mutakhir di iPhone X untuk Face ID yang lebih andal.

Meski begitu, MediaTek tetap percaya diri jika solusi yang lebih praktis dan irit, tetap bisa menyamai kinerja Face ID di iPhone X. Mereka masih akan memanfaatkan kamera depan nantinya.

Baca juga: Apple Jelaskan Cara Kerja Face ID iPhone X

Kamera depan akan digunakan sebagai rumah proyektor infrared, dua set lensa infrared, algoritma facial recognition yang didukung software machine learning dan komponen depth-of-field acceleration.

Active Stereo Depth Engine sebenarnya sudah terpasang di Helip P60 dan Helio P22 untuk mengoptimasi fitur kamera dengan mode bokeh dan beauty.

MediaTek harus mengombinasikan teknologi tersebut dengan hardware khusus untuk menciptakan sensor semacam Face ID.  Selain meindai wajah, teknologi itu juga diklaim bisa digunakan untuk transaksi keuangan.

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Sabtu (8/9/2018), proyektor IR dan lensa di Active Stereo Depth dibangun oleh Himax, sementara software-nya disiapkan pengembang Vision Technology Face++.

MediaTek belum mengungkapkan kapan perangkat pertama yang menggunakan teknologi Active Stereo Depth pertama akan diluncurkan. Mereka juga tidak menyebut berapa jumlah chip yang terpasang Active Stereo Depth Engine akan diproduksi.

Baca juga: MediaTek Rilis Helio P22, Chip Kelas Menengah Pertama Berteknologi 12nm

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com