Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alibaba Luruskan Kabar Jack Ma Pensiun 10 September

Kompas.com - 09/09/2018, 11:25 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber SCMP

KOMPAS.com — Akhir pekan ini beredar kabar mengejutkan bahwa pendiri sekaligus CEO Alibaba, Jack Ma, berencana pensiun mulai Senin besok, bertepatan dengan ulang tahun Ma ke-54. 

Namun, benarkah Ma memang ingin undur diri dari raksasa e-commerce asal China tersebut? Seorang juru bicara Alibaba memberikan klarifikasi dan mengatakan bahwa laporan yang pertama dirilis The New York Times tak sepenuhnya benar. 

Alih-alih langsung pensiun, pada ulang tahunnya tanggal 10 September besok, Ma bakal mengumumkan rencana suksesi di perusahaan.

Strategi suksesi tersebut merupakan bagian dari rencana manajemen sepanjang 10 tahun memupuk eksekutif-eksekutif muda untuk melanjutkan kepemimpinan Alibaba.

Baca juga: Jack Ma Umumkan Pensiun dari Alibaba

Menurut sang juru bicara, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari South China Morning Post, Minggu (9/9/2018), dalam masa transisi itu, Ma akan tetap menjabat sebagai pucuk pimpinan di Alibaba sekaligus merumuskan perencanaan. 

Sebelumnya, Ma memang pernah mengungkapkan rencana untuk mengalihkan kemudi Alibaba ke para eksekutif muda di perusahaan.

“Saya bangga dengan Alibaba yang kini memiliki struktur, budaya perusahaan, pengaturan, dan sistem memupuk talenta yang memungkinkan saya untuk mundur tanpa menyebabkan disrupsi,” kata Ma dalam sebuah wawancara. 

Ma sendiri adalah salah satu orang terkaya di dunia dengan jumlah harta mencapai kisaran 40 miliar dollar AS, menurut Bloomberg Billionaire Index. Perusahaan Alibaba yang didirkannya memulai bisnis dengan modal 60.000 dollar AS, dan kini telah bernilai 420 milliar dollar AS. 

Kendati demikian, Alibaba adalah salah satu dari hanya sedikit perusahaan di Asia yang memisahkan struktur korporat dan operasional hariannya dari sang pendiri. Ma pun agaknya tak segan memercayakan “anaknya” itu ke nakhoda baru.

“Semua orang yang mengenal saya akan tahu bahwa saya orang yang menyongsong masa depan. Ini bukan soal pensiun, mundur, atau kabur. Ini adalah rencana sistematik,” ujar Ma. 

Apa yang akan dilakukan Ma setelah benar-benar pensiun nanti? Dia mengungkapkan dari dulu berminat terhadap dunia pendidikan dan ingin menjadi guru. 

“Ini (mengajar) adalah sesuatu yang saya pikir bisa saya lakukan dengan jauh lebih baik ketimbang menjadi CEO Alibaba,” imbuhnya. 

Baca juga: Bill Gates Lunasi Utang Nigeria ke Jepang Rp 950 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com