Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengecek iPhone 8 Anda Cacat Produksi atau Tidak

Kompas.com - 09/09/2018, 19:17 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Apple mengumumkan telah menemukan adanya cacat produksi pada perangkat iPhone 8. Diketahui perangkat yang cacat tersebut dipasarkan pada periode September 2017 sampai Maret 2018.

Cacat produksi yang dimaksud ada pada bagian logic board di mana efeknya, ponsel menjadi seringkali restart, tidak merespons (freeze), atau bahkan tidak dapat dinyalakan.

Untuk menanggulangi masalah ini, Apple menyatakan akan memberi perbaikan gratis khusus untuk perangkat yang mengalami cacat produksi ini. Caranya mudah, pengguna cukup membawa perangkat iPhone 8-nya ke gerai resmi Apple.

Namun sebelum dibawa ke gerai resmi, ada baiknya pengguna memastikan lebih dahulu apakah kerusakan yang dialami merupakan cacat produksi atau karena faktor lain.

Pasalnya Apple menyatakan tidak akan memberi perbaikan gratis pada masalah lain yang ditemukan di ponsel yang bersangkutan.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan kerusakan yang dialami pada iPhone 8 Anda apakah karena kecacatan produksi atau bukan.

Baca juga: Ini Dia Model iPhone Paling Bermasalah

Pertama, pada ponsel Anda buka menu setting. Kemudian gulirkan sampai Anda menemukan pilihan "General".

Pada menu ini Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan. Pilih bagian "about" di bagian atas kemudian gulirkan ke bawah untuk melihat serial number. Lalu salin nomor serial tersebut.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Minggu (9/9/2018), kemudian Anda harus masuk ke halaman berikut ini untuk mengecek apakah ponsel Anda termasuk yang berpotensi bermasalah atau tidak.

Jika halaman tersebut mengatakan bahwa ponsel Anda bermasalah karena cacat produksi, maka ada dua beberapa cara agar Anda mendapat reparasi gratis.

Cara paling mudah adalah dengan membawa perangkat tersebut langsung ke tempat servis resmi Apple. Atau cara lainnya adalah dengan membawa ponsel Anda ke gerai resmi Apple. Namun tentu cara pertama akan lebih cepat prosesnya.

Atau cara terakhir dengan mengontak Apple Support yang nantinya akan melayani reparasi gratis tersebut.

Baca juga: Cerita Tukang Servis Layar iPhone yang Dituntut Apple

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com