Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahuan Curang, Huawei Buka Akses ke “Mode Rahasia”

Kompas.com - 10/09/2018, 11:43 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Huawei kembali menimbulkan kehebohan di dunia gadget dengan melakukan “kecurangan”. Kali ini sejumlah ponsel high-end dari pabrikan asal China tersebut diketahui diam-diam mengaktifkan mode “performa” saat pengguna menjalankan aplikasi benchmark, sehingga skor yang dihasilkan lebih tinggi.  

Padahal, skor benchmark dalam mode performa tadi tidak bisa dijadikan patokan kinerja sehari-hari, karena mode performa hanya aktif saat menjalankan aplikasi tertentu (benchmark).

Pembuat apliaksi benchmark, 3DMark pun menghapus skor ponsel terkait -yakni Huawei P20 Pro, Nova 3, dan Honor Play- akibat kejadian itu. 

Ujung-ujungnya, walaupun sempat berkilah menggunakan “AI” untuk meningkatkan performa dalam benchmark, Huawei akhirnya mengaku dan memutuskan untuk membuka mode “performa” yang tersembunyi ini agar bisa diakses oleh pengguna, tak hanya diam-diam aktif saat benchmark saja.

“Dalam skenario benchmarking normal, begitu software Huawei mengenali aplikasi benchmark, maka akan dijalankan ‘Performance mode’ untuk menhgasilkan performa lebih tinggi,” sebut Huawei dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: OnePlus 5 Dituduh Curangi Benchmark

“Huawei berencana memberikan pengguna akses terhadap ‘Performance Mode’ sehingga mereka bisa menggunakan kemampuan maksimum perangkatnya apabila diperlukan,” lanjut Huawei, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Senin (10/9/2018). 

“Kecurangan” Huawei di beberapa model smartphone itu sebelumnya ditemukan oleh situs teknologi Anandtech yang merasa janggal dengan hasil benchmark ponsel terkait. 

Setelah ditelisik, dengan mengaktifkan mode performa tersembunyi secara diam-diam, ponsel Huawei bisa menghasilkan skor benchmark hingga 50 persen lebih tinggi. Namun, tingginya kinerja itu mesti dibayar dengan konsumsi daya dan suhu ponsel yang meningkat pula 

Trik macam ini sebenarnya sudah sering terjadi di dunia gadget dan komputer, lantaran aplikasi benchmark kerap menjadi patokan kinerja sebuah perangkat. Makin tinggi skornya, makin bagus pula persepsi kinerja perangkat tersebut.

Sebelumnya, parbikan lain seperti OnePlus hingga Oppo juga pernah ketahuan curang di benchmark. 

Baca juga: Komentar Oppo Terkait Tudingan Oppo F7 Akali Antutu

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com