Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 10

Kompas.com - 11/09/2018, 07:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizbot

KOMPAS.com - Ketika Xiaomi mengumumkan pengembangan antarmuka MIUI 10, vendor China tersebut berjanji menggulirkannya sekitar bulan September atau Oktober. Sepertinya, Xiaomi menepati apa yang dijanjikan.

Saat ini, pembaruan MIUI 10 mulai dirilis secara bertahap. Pengumuman itu disampaikan secara resmi di forum Xiaomi.

Kebanyakan dari mereka adalah para pendatang baru, seperti Redmi 6 dan Redmi 6A. Kabarnya, untuk flagship seperti Mi 8 dan Mi Mix 2S masih dalam tahap pengujian.

Dilaporkan Gizbot yang dirangkum KompasTekno, Selasa (11/9/2018), selain akan mendapatkan update MIUI 10, kedua smartphone ini akan mendapatkan pembaruan Android 9 Pie. Sedangkan untuk ponsel lainnya akan diperbarui dengan MIUI 10 yang berbasis Android 8.1 Oreo.

Baca juga: Xiaomi Umumkan Pengembangan MIUI 10

Perlu dicatat jika pembaruan MIUI 10 baru tiba untuk perangkat Xiaomi di China. Namun kemungkinan, versi global ROM nya tidak akan lama lagi. Soal pengumuman tanggal perilisannya, Xiaomi berjanji akan segera mengonfirmasi.

Pembaruan MIUI 10 akan dikonfirmasi melalui update OTA (over the air). Pengguna juga bisa langsung mengecek menu "software setting" untuk memeriksa pembaruan dengan mengklik tombol "upgrade now".

Bagi pengguna yang telah memasang versi developer MIUI di perangkat juga bisa meng-upgrade MIUI 10 sesuai petunjuk yang berlaku. MIUI 10 membawa banyak fitur baru dibanding antarmuka sebelumnya.

Beberapa di antaranya adalah desain antarmuka baru yang lebih cerah dengan warna yang segar. Ada pula dukungan untuk kecerdasan buatan (AI) dan internet of things (IoT). Xiaomi juga menyisipkan ringtone baru dengan nada yang dijanjikan lebih natural dan nyaman.

Terdapat pula gestur "swipe" baru untuk menu "home", "back" dan "recent apps". Selain itu, Xiaomi juga mendatangkan bar volume secara vertikal, alih-alih horisontal seperti sebelumnya.

Baca juga: Ini Daftar 28 Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 10

Secara keseluruhan, MIUI 10 ditujukan bagi perangkat dengan layar jumbo termasuk yang memiliki "notch" atau poni layar.

Berikut adalah daftar 12 ponsel Xiaomi yang akan mendapatkan pembaruan MIUI 10 global stable ROM:

1. Xiaomi 8SE
2. Xiaomi MIX 2
3. Xiaomi MIX
4. Xiaomi 6
5. Xiaomi 6X
6. Xiaomi Note 2
7. Xiaomi 5
8. Redmi 6 Pro
9. Redmi 6
10. Redmi 6A
11. Redmi Note 5
12. Redmi S2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizbot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com