Ponsel Xiaomi Dapat Fitur WhatsApp Cleaner, Gunanya? - Kompas.com

Ponsel Xiaomi Dapat Fitur WhatsApp Cleaner, Gunanya?

Kompas.com - 12/09/2018, 12:13 WIB
Xiaomi Redmi Note 5 dan kotak kemasannya.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Xiaomi Redmi Note 5 dan kotak kemasannya.

KOMPAS.com - Xiaomi mulai menyebar pembaruan MIUI 10 ke sejumlah perangkatnya di China. MIUI 10 dijanjikan akan membawa sejumlah fitur baru yang berbeda dengan MIUI generasi kesembilan.

Salah satunya adalah fitur " WhatsApp Cleaner" yang diboyong Xioami ke MIUI 10 Security App.
Seperti namanya, fitur ini akan mempermudah pengguna untuk menghapus sejumlah file yang berhubungan dengan WhatsApp.

File seperti foto, video, voice notes, dokumen, GIF dan lainnya yang biasa dibagikan lewat WhatsApp, bisa dihapus dengan mudah lewat WhatsApp Cleaner, selain untuk membuat memori internal lebih lega.

Fitur ini terdapat di menu Setting App, lalu akan muncul fitur WhatsApp Cleaner, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gizmo China, Rabu (12/9/20180.

Tangapan layar fitur WhatsApp Cleaner di MIUI 10Gizmo China Tangapan layar fitur WhatsApp Cleaner di MIUI 10

Selain WhatsApp Cleaner, MIUI 10 juga membawa fitur First Aid dan Test Network. Fitur First Aid bisa digunakan untuk memindai kinerja perangkat, jaringan, dan masalah baterai. Jika terdeteksi masalah, fitur ini akan menawarkan perbaikan sekaligus.

Sementara fitur Test Network bisa digunakan untuk mengukur kekuatan sinyal, termasuk sinyal WiFi, koneksi terbatas untuk aplikasi dan juga menawarkan pemindaian masalah jaringan.

Untuk saat ini, Xioami baru menyebar MIUI ke beberapa perangkat dengan ROM China, seperti Redmi Note 5, Redmi 6 dan Redmi 6 Pro. Namun kemungkinan, versi stabil global ROM tidak akan lama lagi mendapatkan MIUI 10.

Baca juga: 12 Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 10

Ada banyak fitur yang diboyong ke MIUI 10, yang kebanyakan ditujukan untuk meningkatkan pengalaman perangkat dengan layar luas. MIUI 10 juga didukung teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang bisa mengurangi waktu loading dengan mempelajari tabiat pengguna.

Ada pula gestur "swipe" baru untuk menu "home", "back" dan "recent apps". Selain itu ada juga mode berkendara yang mengandalkan perintah suara untuk mengurangi gangguan penggunanya.


Komentar
Close Ads X