Facebook dan Twitter Ditinggal Pengguna, Media Sosial Ini Justru Sebaliknya - Kompas.com

Facebook dan Twitter Ditinggal Pengguna, Media Sosial Ini Justru Sebaliknya

Kompas.com - 13/09/2018, 08:04 WIB
Ilustrasi PinterestKompas.com Ilustrasi Pinterest

KOMPAS.com - Beberapa media sosial populer sedang mengalami krisis pengguna. Di Amerika Serikat, Twitter dilaporkan kehilangan jutaan pengguna aktif bulanan, begitu pula Snapchat yang ditinggal 3 juta pengguna hariannya. Bahkan jejaring sosial raksasa Facebook, perlahan-lahan juga ditinggalkan penggunanya.

Namun ternyata, ada jejaring sosial yang jumlah penggunanya justru meningkat. Jejaring sosial tersebut adalah Pinterest, platform koleksi dan berbagi foto yang tenar di kalangan para desainer.

CEO sekaligus co-founder Pinterest, Evan Sharp mengumumkan pada Senin, (10/9/2018) kemarin, pengguna aktif bulanan Pinterest mencapai 250 juta pengguna.

"Saat ini, ketika internet terasa semakin buruk dan terpolitisasi, kami pikir luar biasa jika seperempat juta orang memilih menghabiskan waktu mereka di Pinterest, sebuah tempat (platform) yang membantu mereka merasa lebih positif dan optimis dengan masa depan," terang Sharp.

Baca juga: Ini Bukti Facebook Semakin Ditinggal Pengguna

Jumlah ini naik 50 juta dibanding periode musim gugur lalu. Sebanyak 80 persen pengguna baru Pinterest diklaim berasal dari luar Negeri Paman Sam, di mana sekitar separuh pengguna Pinterest secara keseluruhan adalah pengguna internasional.

Dibanding platform lain, Pinterest memang menawarkan keunikan tersendiri, bahkan dibandingkan platform berbagi foto serupa seperti Instagram. Pinterest lebih menawarkan berbagi insiprasi dan ide ketimbang sekadar bersosialisasi dengan teman di dunia maya.

"Pinterest adalah tempat untuk menghubungkan diri sendiri lagi," ujar Sharp.

Karena lebih banyak memuat foto atau gambar bernuansa artsy, Pinterest terhindar dari tuduhan sarang hoaks dan kekerasan dunia maya yang saat ini menghantui platform lain seperti Twitter dan Facebook serta "anak-anaknya".

"Ketika pertama kali mendirikan Pinterest delapan tahun lalu, kami sangat berharap orang-orang akan menggunakannya untuk lebih kreatif dalam kehidupan sehari-hari. Tapi kami tidak pernah membayangkan, suatu hari nanti Pinterest menjadi salah satu platform internet terbesar sepanjang sejarah," ungkap Sharp.

Dilansir KompasTekno dari Digital Trends, Kamis (13/9/2018), saat ini Pinterest memiliki 75 persen lebih banyak ide yang disimpan ke jaringan dibanding tahun lalu. Artinya, ada sekitar 175 miliar Pin - sebutan untuk foto atau gambar di Pinterest - yang tersebar di jaringan.

Baca juga: Giliran Pinterest yang Dicontek Instagram

Berdasarkan kategorinya, kategori ide produk meningkat 115 persen, kategori seni 50 persen, ide gaya 38 persen, dan kategori DIY (do it yourself) meningkat 35 persen.

Internal Pinterest masih berusaha membuat fitur baru, termasuk tambahan fitur untuk Pinterest Lens. Mereka juga telah menyiapkan Board - menu koleksi Pin terbaik - dan juga cara baru untuk mengorganisasi Pin.



Close Ads X