Apple Watch Series 4 Resmi, Bisa Deteksi Ketika Pengguna Jatuh

Kompas.com - 13/09/2018, 09:27 WIB
Apple Watch Series 4 IstimewaApple Watch Series 4

KOMPAS.com - Sebelum menyajikan “hidangan utama” berupa trio iPhone anyar, Apple lebih dulu memperkenalkan arloji pintar “Watch Series 4” pada acara peluncuran yang digelar Kamis (13/9/2018) dinihari tadi WIB atau Rabu (12/92018) pukul 10.00 di Amerika Serikat.

“Pertama-tama dari segi tampilan. Kami mendorong layar Watch hingga ke ujung, serta melengkungkan sudutnya,” kata COO Apple, Jeff Williams, menjabarkan apa saja kehebatan perangkat tersebut, di atas panggung Steve Jobs Theatre, sebagaimana dihimpun KompasTekno.

Layar edge-to-edge Apple Watch Series 4 tampak lebih elegan dan luas sekitar 30 persen dari generasi sebelumnya. Konten yang bisa ditampilkan di layar pun semakin banyak.

Modular depan ketika membuka Apple Watch Series 4 berisi informasi waktu, tanggal, detak jantung, serta kinerja aktivitas fisik dari waktu ke waktu.

Microphone Apple Watch Series 4 kini diletakan di antara tombol bagian samping dan Digital Crown, memungkinkan pendeteksian suara yang lebih baik. Speaker-nya sendiri sudah bisa mengakomodir volume yang lebih besar.

Deteksi jatuh dan detak jantung lebih rinci

Selanjutnya beralih ke fitur, Apple Watch Series 4 disebut-sebut sebagai arloji terbaik untuk menemani berolahraga, merekam jejak kesehatan dari aktivitas sehari-hari, serta selalu terkoneksi dengan orang-orang terkasih.

Fitur unggulan pertamanya adalah mampu mendeteksi dan menganalisis ketika pengguna jatuh. Menurut Jeff Williams, jatuh adalah salah satu kecelakaan ringan yang paling sering dialami manusia.

Ketika pengguna terjatuh, Apple Watch Series 4 akan memberikan notifikasi yang disertai opsi panggilan darurat. Jika pengguna tak juga berdiri semenit setelah terjatuh, Apple Watch Series 4 bakal otomatis memanggil layanan darurat serta mengirimkan lokasi pengguna.  

Fitur unggulan kedua adalah pendeteksi detak jantung yang lebih rinci. Apple Watch Series 4 bakal memberi tahu jika detak jantung pengguna terlalu rendah.

Selain itu, Apple Watch Series 4 juga bakal memindai irama jantung dan menganalisis pola-pola yang dianggap tak teratur atau kerap disebut “Fibrilasi Atrial”.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X