Mau Nostalgia? Ini 6 "Game" Lawas yang Masih Bisa Dimainkan - Kompas.com

Mau Nostalgia? Ini 6 "Game" Lawas yang Masih Bisa Dimainkan

Kompas.com - 13/09/2018, 18:14 WIB
Ilustrasi bermain game di konsol NESWIKI COMMONS/CC Ilustrasi bermain game di konsol NES

KOMPAS.com - Bermain video game tentu merupakan kegiatan yang menyenangkan. Meski begitu, tiap orang perlu memahami batasannya agar tidak kecanduan atas permainan itu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan kecanduan game sebagai salah satu gangguan mental. Sebab, begitu banyak orang yang tak bisa lepas dari permainan elektronik ini, baik yang ada di ponsel atau gawai mereka.

Akibatnya, tak jarang orang lebih memprioritaskan permainan tersebut dibanding mengobrol dengan orang sekitar atau kegiatan lainnya. Namun jika kita bisa mengontrol waktu untuk bermain game, tak ada yang perlu dipermasalahkan.

Video game awalnya ditampilkan dalam sebuah pameran di Amerika Serikat oleh seorang bernama Edward U Condon. Saat itu, Condon mendesain komputer yang memainkan permainan tradisional Nim.

Seiring perkembangan zaman, konsol game di dunia mulai hadir dan berlomba dalam inovasi mengembangkan game terbaiknya.

Sejauh ini, terdapat game yang bisa dikatakan "legendaris", karena dimainkan dan menjadi favorit banyak orang. Salah satunya adalah Super Mario Bros (1985).

Hingga saat ini, Nintendo pun terus mengembangkan karakter tukang pipa bersaudara, Mario dan Luigi dalam bermacam gameplay dan hadir di berbagai konsol.

Selain Super Mario Bros, inilah enam game lawas yang bisa dimainkan sekaligus membuat Anda bernostalgia:

1. Tetris

Permainan Tetriswikipedia.org Permainan Tetris

Tetris merupakan game yang masih menjaga keasliannya, yaitu menyusun berbagai bentuk kotak dengan variasi warna yang berbeda-beda.

Pemain diharuskan menyusun kotak-kotak tersebut dalam satu ruang penuh tanpa ada ruang yang kosong.

Dulunya, permainan ini sering dimainkan pada game watch dengan kotak-kotak kecil berwarna hitam hingga konsol Nintendo Entertainment System.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, permainan ini bisa dihadirkan dalam platform Android dengan warna-warni untuk memberikan kesan menarik kepada pemain.

Tetris Blitz di Android dan iOS hadir dengan vitur baru yang lebih mudah dan menarik.

2. Snake

Game Snake di 3310Nokia Game Snake di 3310

Masih ingat dengan game Snake di ponsel lawas Nokia? Game "ular pemangsa" yang dirilis pada 1997 ini memang membawa banyak kenangan.

Nokia menjadi ponsel yang begitu populer pada masanya, terutama saat menghadirkan game Snake. Game ini menjadi fitur wajib yang dimainkan sebagai pembunuh atau pengisi waktu.

Sekarang, game itu masih bisa dinikmati dalam platform Android bernama Snake Rewind. Anda bisa bernostalgia dengan variasi gambar yang lebih modern.

3. Bounce

BounceMob.org Bounce

Game dengan konsep bola yang "menggelinding" ini biasanya dimainkan di ponsel Nokia model lama. Konsep dan keunikan Bounce masih dipertahankan sampai sekarang.

Cara bermainnya adalah dengan mengarahkan bola ke kanan dan kiri untuk mendapatkan poin yang nantinya akan berlanjut ke level selanjutnya.

Game ini akhirnya bisa dimainkan pada smartphone berbasis Android dengan variasi dan level yang lebih beragam daripada yang pertama keluar.

4. Contra

Contra Evolution Contra Evolution

Masih ingat game tembak-tembakan ini? Dulu Contra banyak dimainkan di konsol Nintendo Entertainment System.

Game ini memberikan aksi petualangan tembak-tembakan melalui yang diperankan dua jagoan sebagai karakter utama, yaitu Bill Rizer dan Lance Bean.

Dua jagoan ini dibekali dengan senjata dan harus menumpas musuh yang tergambar dalam hutan. Sampai saat ini, game ini masih bisa dimainkan dalam platform Android, yaitu Contra Evolution.

5. Circus Charlie

Clown CircusMob.org Clown Circus

Circus Charlie merupakan game terkenal dengan gameplay sederhana. Seorang badut yang melewati rintangan api dengan mengendarai singa menjadi level pembuka.

Tingkat berikutnya, rintangan semakin tak mudah. Misalnya, badut itu harus melewati rintangan monyet, berjalan di atas roda, hingga aksi lompat tali.

Ini merupakan game yang populer di konsol NES. Namun, jika Anda ingin bernostalgia, game ini sudah ada di Android dengan bermacam judul, misalnya Circus Clown Games.

6. Super Tank

Super TankYoutube.com Super Tank

Game ini menjelaskan seorang pemain untuk mengendalikan tank dan berusaha menghancurkan tank-tank musuh.

Selain mengancurkan tank musuh, pemain juga harus melindungi markasnya agar tak hancur karena gempuran musuh.

Adu kuat tembakan dan pertahanan dalam bermain adalah kunci utama permainan ini. Dulunya game ini banyak dihadirkan dalam Nintendo, namun sekarang bagi anda pengguna Android bisa mengunduhnya di Google Play Store.


Komentar
Close Ads X