Inovasi ATR untuk Pilot dan Penumpang - Kompas.com

Inovasi ATR untuk Pilot dan Penumpang

Kompas.com - 14/09/2018, 12:44 WIB
Kokpit pesawat ATR72-600.ATR Aircraft Kokpit pesawat ATR72-600.

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jika pabrikan pesawat seperti Boeing dan Airbus berinovasi dengan merancang pesawat baru, pabrikan pesawat turboprop ATR fokus meningkatkan kemampuan pesawat dan penambahan fitur.

Peningkatan kemampuan pesawat ATR antara lain dengan merancang seri ATR72-600 sebagai pesawat kargo dan pesawat ATR42-600 dengan kemampuan short takeoff-landing (STOL) dengan runway 800 meter.

Sementara untuk penambahan fitur, ATR merancangnya secara komplit, mulai dari kokpit untuk kebutuhan pilot, hingga kabin untuk kebutuhan penumpang.

Di kokpit, untuk kebutuhan pilot, ATR merancang kacamata yang memindahkan tampilan Primary Flight Display (PFD) dari dashboard pesawat di bawah, ke lensa kacamata.

Informasi-informasi seperti kecepatan pesawat, ketinggian, arah (heading) semua bisa dilihat dari kacamata, sembari pilot melihat ke depan jendela pesawat. Kacamata ini akan sangat membantu di kondisi kritis, seperti takeoff/landing.

Pilot tidak perlu menengok ke bawah melihat dashboard, lalu beralih melihat ke luar jendela saat takeoff/landing. Sistem ini juga diharap bisa membantu pilot terbang malam atau di tengah cuaca buruk dengan jarak pandang terbatas.

Baca juga: ATR 72-600 Bakal Dibikin Versi Kargo, Begini Spesifikasinya

Berbeda dengan HUD yang dipasang di jendela pesawat, Clearvision terpasang di kacamata yang dipakai pilot, sehingga semua informasi bisa dilihat meski pilot menengok ke arah mana saja.

Head-mounted display Clearvision yang dikembangkan ATR.ATR Aircraft Head-mounted display Clearvision yang dikembangkan ATR.
"Ini yang jadi pembeda, dan menurut riset kami (ATR) mempermudah pilot dalam bekerja (dibanding HUD)," ujar Laurent Janitza, Sales Director ATR Aircraft saat dijumpai KompasTekno di Singapura, akhir Agustus lalu.

Ada empat solusi Clearvision yang ditawarkan ATR, pertama adalah kacamata Skylens yang hanya menampilkan informasi PFD di kacamata sebagai paket utama.

Kedua adalah paket Advanced yang menggabungkan kacamata dengan Skylens dengan Synthetic Vision System (SVS) yang menampilkan database kontur 3D dataran berbasis GPS, Enhanced Vision System (EVS) yang menggabungkan tampilan luar lewat kamera, dan Combined Vision System (CVS) yang merupakan gabungan SVS dan EVS.

Clearvision juga bisa membantu penglihatan pilot saat terbang/mendarat malam.ATR Aircraft Clearvision juga bisa membantu penglihatan pilot saat terbang/mendarat malam.
Sistem ini masih dalam tahap pengujian, namun sudah mulai ditawarkan sebagai upgrade ke maskapai operator ATR72. Clearvision diharapkan mendapatkan sertifikasi pada kuartal II-2019.

Inovasi di kabin penumpang

Sementara untuk kabin penumpang, ATR mengenalkan konsep infligh entertainment dengan konsep streaming bring your own device (BYOD). Solusi ini diberi nama Cabinstream.

"Pada dasarnya ini adalah router Wi-Fi yang memungkinkan penumpang mengalirkan konten ke perangkat mereka," kata Pierre-Marie Putard di kesempatan yang sama.

Menurut Putard, solusi ini cocok bagi maskapai regional, karena tidak perlu menambah beban pesawat dengan model IFE pada umumnya, cukup satu boks penyimpan data dan router pemancar WiFi yang beratnya hanya enam kilogram.

ATR Cabinstream, server untuk perangkat IFE di kabin pesawat ATR.ATR Aircraft ATR Cabinstream, server untuk perangkat IFE di kabin pesawat ATR.
Server itu sendiri juga tidak perlu terhubung dengan pesawat melalui kabel, karena server Cabinstream menggunakan baterai yang diklaim tahan 12 jam, sehingga mempermudah pemasangan.

Konten-konten seperti film, program TV, dokumen, informasi penerbangan, bisa diakses penumpang dari server menggunakan perangkat smartphone/tablet/laptop masing-masing.

Layanan IFE ini juga bisa dipakai oleh maskapai untuk mendapat revenue dengan menerapkan tarif. Layanan ini akan maksimal bagi maskapai yang menerbangi rute-rute dengan jarak 2 jam penerbangan.

Desain kabin Armonia di pesawat ATR.ATR Aircraft Desain kabin Armonia di pesawat ATR.
Selain itu, ATR juga sedang merancang desain interior kabin yang bisa memaksimalkan ruang bagi kenyamanan penumpang.

Interior kabin yang disebut Armonia di dalam pesawat ATR menawarkan kursi yang lebih ergonomis dan ringan, serta mendesain ulang overhead bin yang diklaim akan menambah volume 10 persen lebih banyak.



Close Ads X