YouTube Uji Coba Format Video AV1 - Kompas.com

YouTube Uji Coba Format Video AV1

Kompas.com - 14/09/2018, 16:33 WIB
Ilustrasi YouTubeIst Ilustrasi YouTube

KOMPAS.com - Platform berbagi video YouTube sedang menguji coba dukungan video format AV1. Format video ini akan menggantikan format VP9 dan bersaing dengan HEVC/H.265.

AV1 menjanjikan ukuran file lebih kecil, tanpa memengaruhi kualitas streaming video. Akun YouTube Developers menyusun beberaa daftar video yang menerima transcode format AV1.

Format video AV1 masih terbatas saat ini. Dalam keterangannya, pengembang menyarankan para pengguna yang ingin mencoba format ini, menggunakan peramban Chrome 70 atau Forefox Nightly atau versi 63.

Untuk pengguna Forefox harus memodifikasi preferensi di perambannya agar mendukung format AV1 dengan memuat "media.av1.enabled and media.mediasource.experimental.enabled preferences set" pada baris alamat peramban.

Setelah peramban mendapat dukungan format AV1, pergilah ke tautan YouTube TestTube dan aktifkan opsi "Prefere AV1 for SD'. Kemudian, masuklah ke AV1 Beta Launch Playlist  yang telah disediakan pengembang YouTube.

Tangkapan layar format video AV1 di YouTubeYouTube Tangkapan layar format video AV1 di YouTube
Video transcoding AV1 akan terputar pada resolusi 480 piksel atau di bawahnya dan format VP9 baru akan digunakan pada resolusi lebih tinggi.

Jika ingin memastikan apakah format video yang diputar telah mendukung format AV1 atau belum, klik kanan pada video yang terputar, lalu pilih "Stats for Nerds" atau "Informasi Statistik". Jenis format akan terpampang pada kolom codecs.

Baca juga: Cara Mengubah Tampilan YouTube Jadi Hitam

Namun, bagi penonton YouTube yang belum tertarik mencoba format video yang masih dalam masa pratinjau ini, bisa mencobanya antara tahun 2019 atau 2020 mendatang ketika vendor peramban sudah mendukung format AV1.

Dilansir KompasTekno dari Neowin, Jumat (14/9/2018), YouTube tetap berkomiten untuk mengembangkan format AV1. Pihaknya mengonfirmasi bahwa format ini akan tersedia lebih luas lagi untuk para kreator segera mungkin.



Close Ads X