WhatsApp Akan Kedatangan Fitur Mode Gelap?

Kompas.com - 17/09/2018, 13:28 WIB
Ilustrasi WhatsApp. IstIlustrasi WhatsApp.

KOMPAS.com - Salah satu fitur yang paling banyak dinantikan pengguna WhastApp kabarnya sedang dipersiapkan. Platform layanan pesan instan itu disebut akan menggulirkan fitur dark mode (mode gelap) untuk platform iOS dan Android.

Informasi itu disampaikan akun @WABetaInfo, yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp.

Melalui Twitter, @WABetaInfo memamerkan beberapa konsep mode gelap yang kemungkinan akan ditelurkan WhatsApp. Ada dua konsep, pertama adalah yang ia sebut "full OLED" dan kedua adalah tema gelap.

Bedanya, full Dark OLED memungkinkan layar OLED untuk mematikan piksel sehingga warnanya gelap gulita dan menghemat baterai.

Sementara tema gelap, yang juga digunakan Telegram, Twitter, dan YouTube, masih akan memancarkan cahaya dari layar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konsep mode gelap full OLED (kiri) dan night mode (kanan) yang dibuat WABetaInfoWABetaInfo Konsep mode gelap full OLED (kiri) dan night mode (kanan) yang dibuat WABetaInfo

Soal konsep yang yang akan digulirkan secara resmi, masih belum diketahui. Namun, dari jajak pendapat yang diadakan, kebanyakan pengguna lebih menyukai opsi mode gelap full OLED.

Fitur mode gelap sudah banyak hadir di berbagai platform, seperti YouTube dan Twitter.
Mode gelap akan mengubah antarmuka dari latar belakang berwarna cerah, menjadi gelap hitam atau gelap biru navy seperti Twitter.

Baca juga: 2 Fitur Baru WhatsApp untuk Pengguna iPhone

Opsi ini diberikan berkaitan dengan kesehatan dan kenyamanan maya pengguna yang seringkali terus-menerus menatap layar ponsel selama berjam-jam.

Sayangnya, dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (17/9/2018), belum diketahui kapan WhatsApp akan menggulirkan fitur ini bahkan dalam versi beta. Sebab, pada update versi beta terakhir, "hilal" fitur mode gelap masih belum nampak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.