Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Path Tutup Layanan, Begini Cara Selamatkan Foto dan "Refund" Pelanggan Premium

Kompas.com - 17/09/2018, 15:40 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Path

KOMPAS.com — Setelah beberapa hari menjadi rumor, platform jejaring sosial Path akhirnya resmi pamit. Layanan asal San Francisco tersebut tak lagi tersedia di Apple iTunes maupun Google Play Store tertanggal 1 Oktober 2018.

Bagi yang sudah mengunduh aplikasinya, Path tak bisa sama sekali diakses per 18 Oktober 2018. Lantas, bagaimana nasib konten-konten yang pernah diunggah di Path seperti teks, foto, dan video?

“Setelah tanggal 10 Oktober 2018, pengguna tak bisa lagi mengakses layanan penyalinan (backup) data,” begitu tertera pada situs resmi Path, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (17/9/2018).

Karena itu, Path mengimbau semua penggunanya untuk segera melakukan backup semua data sebelum 18 Oktober 2018. Caranya mudah, bisa lewat desktop atau aplikasi mobile.

Dari desktop, buka tautan “Backups” melalui https://path.com/settings.backups. Anda akan disuruh masuk (Login) terlebih dahulu ke akun Path. Selanjutnya, masukkan alamat e-mail dan Path akan mengirimkan semua data backup ke e-mail tersebut.

Cara lain menggunakan aplikasi mobile, pastikan Path Anda sudah dalam versi termutakhir. Selanjutnya, cukup login dan buka “Settings”. Anda akan menemui pilihan “Backup” dan disuruh memasukkan e-mail untuk dikirimkan data backup.

Proses refund pelanggan premium

Jika Anda merupakan pelanggan premium dan ingin duit langganan dikembalikan, Path pun menjabarkannya secara detail. Bagi pengguna Android, cukup email ke service@path.com untuk minta pengembalian duit.

Anda akan dimintai alamat email Path dan nomor transaksi Google. Untuk melihat nomor transaksi itu, pelanggan bisa masuk ke situs https://pay.google.com/payments/u/1/home.

Setelah menyerahkan dokumen yang diminta, Anda akan mendapat balasan dalam 14 hari kerja. Tahapan pengembalian duit Anda bisa dicek di https://play.google.com/store/account?feature=gp_receipt.

Untuk pengguna iOS, silakan kunjungi laman https://expresslane.apple.com/GetproductgroupList.action. Selanjutnya, pilih perangkat yang Anda pakai mengakses Path (iPhone, iPad, dll). Pilih “Subscriptions & Purchases” lalu tekan “The Topic is not Listed”.

Jelaskan situasi Anda, lalu pilih “Email” untuk mendapat respons dari Apple. Pastikan Anda mencantumkan nama lengkap, alamat e-mail, Apple ID, beserta nomor transaksi yang akurat di e-mail.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com