Path Tutup Layanan, Begini Cara Selamatkan Foto dan "Refund" Pelanggan Premium

Kompas.com - 17/09/2018, 15:40 WIB

KOMPAS.com — Setelah beberapa hari menjadi rumor, platform jejaring sosial Path akhirnya resmi pamit. Layanan asal San Francisco tersebut tak lagi tersedia di Apple iTunes maupun Google Play Store tertanggal 1 Oktober 2018.

Bagi yang sudah mengunduh aplikasinya, Path tak bisa sama sekali diakses per 18 Oktober 2018. Lantas, bagaimana nasib konten-konten yang pernah diunggah di Path seperti teks, foto, dan video?

“Setelah tanggal 10 Oktober 2018, pengguna tak bisa lagi mengakses layanan penyalinan (backup) data,” begitu tertera pada situs resmi Path, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (17/9/2018).

Karena itu, Path mengimbau semua penggunanya untuk segera melakukan backup semua data sebelum 18 Oktober 2018. Caranya mudah, bisa lewat desktop atau aplikasi mobile.

Dari desktop, buka tautan “Backups” melalui https://path.com/settings.backups. Anda akan disuruh masuk (Login) terlebih dahulu ke akun Path. Selanjutnya, masukkan alamat e-mail dan Path akan mengirimkan semua data backup ke e-mail tersebut.

Cara lain menggunakan aplikasi mobile, pastikan Path Anda sudah dalam versi termutakhir. Selanjutnya, cukup login dan buka “Settings”. Anda akan menemui pilihan “Backup” dan disuruh memasukkan e-mail untuk dikirimkan data backup.

Proses refund pelanggan premium

Jika Anda merupakan pelanggan premium dan ingin duit langganan dikembalikan, Path pun menjabarkannya secara detail. Bagi pengguna Android, cukup email ke service@path.com untuk minta pengembalian duit.

Anda akan dimintai alamat email Path dan nomor transaksi Google. Untuk melihat nomor transaksi itu, pelanggan bisa masuk ke situs https://pay.google.com/payments/u/1/home.

Setelah menyerahkan dokumen yang diminta, Anda akan mendapat balasan dalam 14 hari kerja. Tahapan pengembalian duit Anda bisa dicek di https://play.google.com/store/account?feature=gp_receipt.

Untuk pengguna iOS, silakan kunjungi laman https://expresslane.apple.com/GetproductgroupList.action. Selanjutnya, pilih perangkat yang Anda pakai mengakses Path (iPhone, iPad, dll). Pilih “Subscriptions & Purchases” lalu tekan “The Topic is not Listed”.

Jelaskan situasi Anda, lalu pilih “Email” untuk mendapat respons dari Apple. Pastikan Anda mencantumkan nama lengkap, alamat e-mail, Apple ID, beserta nomor transaksi yang akurat di e-mail.

Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Path

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.