Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahapan Penutupan Path, dari Penarikan Aplikasi hingga Berhenti Total

Kompas.com - 17/09/2018, 16:05 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Path Blog

KOMPAS.com - Path akhirnya resmi mengumumkan akan segera menutup aplikasinya. Jejaring sosial yang diluncurkan pada 2010 silam ini akan ditutup secara penuh untuk pengguna pada 18 Oktober mendatang.

Lewat blog serta akun Twitter resminya, Path mengucapkan salam perpisahan kepada pengguna. Dalam tulisan yang berjudul "The Last Goodbye", tim jejaring sosial ini menuturkan kronologi serta tahapan penutupan mulai hari ini hingga 18 Oktober mendatang.

Terhitung mulai Senin (17/9/2018) ini, Path akan memberikan notifikasi tentang penyetopan layanan kepada seluruh pengguna. Notifikasi ini akan muncul ketika pengguna membuka aplikasi Path miliknya.

1 Oktober: ditarik dari toko aplikasi

Kemudian 1 Oktober mendatang, aplikasi Path tak akan lagi dapat diunduh maupun diperbarui dari toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store. Dukungan untuk aplikasi ini pun akan dihentikan.

18 Oktober: layanan tak bisa diakses

Setelah itu, 18 Oktober akan jadi hari kematian Path untuk para pengguna. Layanan dan aplikasi ini akan dihentikan secara penuh, dengan demikian pengguna tak akan lagi bisa mengakses jejaring sosial tersebut baik lewat aplikasi maupun lewat website.

Baca juga: Path Resmi Tutup, Layanan Disetop 18 Oktober 2018

15 November: layanan dihentikan sepenuhnya

Terakhir, 15 November 2018 semua customer service terkait layanan jejaring sosial Path akan dihentikan dan ditutup sepenuhnya.

Backup

Path sendiri merekomendasikan pengguna untuk segera melakukan back-up data sebelum 18 Oktober 2018 mendatang. Jika terlambat, seluruh data baik itu foto maupun video yang pernah Anda unggah pada aplikasi akan hilang sepenuhnya.

Path sendiri didirikan pada 2010 lalu dan menjadi populer di Indonesia karena awalnya Path hanya mengijinkan pengguna untuk memiliki teman pada aplikasi sebanyak 150 orang. Namun kemudian Path menambah kapasitas tersebut menjadi 500 orang.

Pada Januari 2014 lalu Path mendapat suntikan dana dari investor asal Indonesia, Bakrie Global Group yang menjadi salah satu investor dalam investasi seri C.

Sedangkan sebagian lain berasal dari beberapa investor global seperti Greylock, Kleiner Perkins, Index Ventures hingga First Round Capital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Path Blog
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com