Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Siapkan Logam Tahan Gores untuk iPhone dan MacBook

Kompas.com - 17/09/2018, 18:03 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Meski tampak menarik dan terkesan tangguh, cangkang berbahan logam anodized aluminum di gadget Apple seperti iPhone, MacBook, dan iPad bisa tergores atau penyok dalam penggunaan sehari-hari.

Apple selaku sang empunya gadget rupanya menyadari hal ini dan sedang berupaya membuat cangkang logam yang lebih tahan terharap goresan dan kerusakan kosmetik lain.

Hal tersebut diketahui dari sebuah dokumen paten yang dipublikasikan oleh Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat (USPTO) pekan lalu.

“Kalau cangkang perangkat tak dilindungi dengan memadai, maka bisa timbul goresan, coak, atau cacat lain yang mengurangi estetika kosmetik,” tulis Apple dalam dokumen tersebut.

“Maka, yang dibutuhkan adalah pelapis (coating) untuk permukaan berbahan logam,” lanjut Apple, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Senin (17/9/2018).

Bahan pelapis baru yang dimaksud Apple terdiri dari lapisan luar yang keras dengan ketebalan 0,5 hingga 3 mikrometer, lalu lapisan penengah dengan ketebalan 8 hingga 30 mikrometer di antara lapisan luar dan bahan logam cangkang perangkat. 

Ilustrasi pelapis anti-gores dalam paten Apple.Apple/ USPTO Ilustrasi pelapis anti-gores dalam paten Apple.

Lapisan penengah memiliki tingkat kekerasan yang lebih rendah dari lapisan luar, namun masih lebih keras dibandingkan dengan permukaan logam perangkat.

“Dengan susunan ini, lapisan penengah bertindak sebagai pendukung struktural yang bisa menahan deformasi saat coating mengalami tumbukan fisik,” sebut Apple dalam dokumen paten yang diajukan pada Maret 2017 itu.

Pelapis baru untuk cangkang logam Apple bakal diterapkan setelah lapisan cat pada logam, sehingga gadget bisa memiliki opsi warna lebih beragam tanpa perlu khawatir bakal tergerus.

Sayang, layaknya teknologi lain yang masih berupa paten, masih belum jelas kapan Apple akan mulai menerapkan pelapis yang lebih tangguh ke aneka gadget bikinannya.

Selagi menunggu implementasi Apple, pengguna masih bisa menggunakan aksesori casing luar yang banyak tersedia untuk aneka gadget. 

Baca juga: iPhone Masa Depan Tanpa Konektor Sama Sekali?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com