Instagram Hadirkan Fitur Belanja di Aplikasi - Kompas.com

Instagram Hadirkan Fitur Belanja di Aplikasi

Kompas.com - 18/09/2018, 09:33 WIB
Instagram Stories punya topic channel khusus Shopping di Explore.Instagram Instagram Stories punya topic channel khusus Shopping di Explore.

KOMPAS.com - Instagram bisa dibilang sebagai salah satu platform multifungsi untuk bersosialisasi, bertukar referensi, hingga belanja. Saat ini, lebih dari 90 juta akun mengetuk (tap) untuk mengetahui tag konten belanja di Instagram setiap bulannya.

Melihat antusiasme pengguna, Instagram pun semakin gencar memperbarui layanannya agar lebih nyaman untuk belanja online. Salah satunya dengan membuat topic channel khusus di Explore bertajuk Shopping.

Algoritma Instagram telah menyaring sedemikian rupa sehingga semua konten di Shopping pada Explore sesuai dengan selera pengguna. Anda bisa melihat berbagai produk, mulai dari fesyen, kebutuhan rumah tangga, kosmetik, dan sebagainya, dalam satu guliran (scrolling) tanpa distraksi konten lain.

“Untuk banyak orang di Instagram, belanja adalah hiburan untuk mendapat inspirasi dan terkoneksi dengan brand-brand kesukaan,” begitu tertera pada situs resmi Instagram, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (18/9/2018).

Baca juga: Instagram Siapkan IG Shopping, Aplikasi Khusus Jual-Beli Online?

Fitur ini sudah dirilis secara bertahap untuk segelintir orang di negara tertentu saja. Instagram berjanji akan memboyong fitur Shopping di Explore ini secara global untuk seluruh pengguna, dalam beberapa pekan ke depan.

Belanja via Instagram Stories.Instagram Belanja via Instagram Stories.

Shopping di Stories

Selain di Explore, Instagram juga menghadirkan pengalaman belanja online lewat Stories. Shopping di Stories sebenarnya sudah diuji coba sejak Juni lalu, dan kini mulai disediakan secara global.

Para brand yang ada di 46 negara sudah bisa memanfaatkan Shopping di Stories untuk mempromosikan produk mereka dan mengarahkan pengguna Instagram untuk membeli.

Lebih dari 400 juta akun mengunjungi Instagram Stories setiap harinya untuk terkoneksi dengan akun-akun kesukaan mereka. Sepertiga dari Stories yang paling banyak dilihat berasal dari brand.

Fakta ini yang mendorong Instagram untuk mengembangkan fitur Shopping di Stories. Ketika melihat akun brand memajang katalog produk mereka, pengguna bisa tap untuk melihat informasi lebih detail di situs sang brand.

Selamat berbelanja!



Close Ads X