Mirrorless “Full-Frame” Canon EOS R Dijual Rp 60 Juta di Indonesia

Kompas.com - 18/09/2018, 12:34 WIB
Canon EOS R resmi masuk Indonesia lewat distributor PT Datascrip. KOMPAS.com/Oik Yusuf ArayaCanon EOS R resmi masuk Indonesia lewat distributor PT Datascrip.
Penulis Oik Yusuf
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Canon baru saja memperkenalan kamera EOS R awal bulan September. Tanpa perlu menunggu lama, kamera mirrorless full-frame pertama dari sang pabrikan Jepang itu sudah resmi meluncur di Indonesia, lewat acara yang digelar di Jakarta hari ini, Selasa (18/9/2018).

PT Datascrip selaku distributor produk-produk Canon di Indonesia memasarkan EOS R seharga Rp 40 juta untuk versi body only dan Rp 60 juta untuk versi kit, dengan lensa RF 24-105 mm f/4L IS USM.

“EOS R ditujukan untuk para profesional pengguna DSLR Canon yang menginginkan kamera andal namun dalam bentuk lebih ringkas,” ujar Canon Image Communication Product Division Manager PT Datascrip, Sintra Wong ditemui KompasTekno usai acara.

Sebagai kamera mirrorless kelas atas dari Canon, EOS R dibekali sensor full-frame 30,3 megapiksel dengan rentang sensitivitas ISO 100 hingga ISO 400.000.

Di sensor itu tertanam teknologi Dual-Pixel CMOS AF dengan titik AF sebanyak 5.655 point, mencakup 100 persen area frame secara horizontal dan 88 persen secara vertikal. Sistem Dual-Pixel CMOS AF di EOS R diklaim mampu mengunci fokus dalam waktu hanya 0,05 detik.

Baca juga: EOS R Resmi Meluncur, Mirrorless Full Frame Pertama Canon

Bagian punggung EOS R memiliki layar sentuh LCD 3,15 inci dengan engsel fleksibel (vari angle) yang bisa diputar hingga 180 derajat ke arah depan. Lalu, di bagian top-plate terdapat layar sekunder OLED untuk menampilkan aneka parameter pemotretan, ala kamera DSLR.

Bagian belakang Canon EOS R.KOMPAS.com/Oik Yusuf Araya Bagian belakang Canon EOS R.
Seperti kamera mirrorless high-end lainnya belakangan ini, EOS R juga sanggup merekam video 4K (3.840 x 2.460, 30/25 FPS), meski dengan crop factor sebesar 1,6x.

Mounting baru, lensa baru

Canon membuat sistem mounting lensa baru untuk EOS R, dengan nama RF mount. Diameternya 54 mm, sama dengan mounting EF untuk lensa-lensa DSLR full-frame Canon, namun memiliki flange focal distance 20 mm yang lebih pendek.

Karena itu, EOS R bisa dipasangi lensa-lensa DSLR Canon dari seri EF. “Para pemilik lensa Canon bisa langsung memasangkan lensanya ke EOS R dengan bantuan adapter khusus,” ujar Sintra.

Lini lensa baru dengan mount EOS R.KOMPAS.com/Oik Yusuf Araya Lini lensa baru dengan mount EOS R.
Ditambahkan oleh Sintra, mounting RF berbeda dari mounting EF-M di seri kamera mirrorless Canon sebelumnya (seri EOS M dengan sensor APS-C) sehingga lensa-lensa dari kedua sistem tidak saling kompatibel.

Ini pula sebabnya Canon mengembangkan jajaran lensa baru untuk pendamping EOS R. Hingga sekarang, ada empat lensa yang sudah tersedia, yakni lensa zoom RF 24-105 mm f/4 L IS USM dan RF 28-70 mm f/2 L USM, serta lensa prime RF 50 mm f/1.2 L USM dan RF 35 mm f/1.8 IS STM.

Harga dan jadwal ketersediaan lensa-lensa tersebut masih belum diungkap. Baru lensa RF 24-105 mm f/4 L IS USM yang dipastikan bakal mulai dijual pada akhir Oktober mendatang bersama dengan kamera EOS R.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X